Pengabdian Masyarakat: Dosen Pendidikan Fisika UNIPMA Bimbing Guru di Madiun Untuk Analisis Soal melalui Software Demi Tingkatkan Pengembangan Kompetensi Keprofesian Berkelanjutan 

Dalam rangka mengembangkan kompetensi guru Fisika tingkat SMA/SMK/MA Sederajat, tim dosen Pendidikan Fisika Universitas PGRI Madiun yang tergabung ke dalam kelompok penelitian pengabdian masyarakat melakukan pendampingan kepada guru Fisika wilayah Kota Madiun.

Kegiatan ini merupakan bentuk keseriusan dari Program Studi Pendidikan Fisika Universitas PGRI Madiun dalam menyiapkan guru-guru Fisika yang professional guna mencerdaskan kehidupan bangsa. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Room Lombok Idjo Madiun, Jalan Kalimantan No.36 Kartoharjo Kecamatan Kartoharjo Kota Madiun pada hari Kamis, 14 September 2023 dengan jumlah 20 orang peserta guru Fisika wilayah Kota Madiun.

Guru Fisika tersebut meliputi SMAN 4 Madiun, MAN 1 Madiun, MAN 2 Madiun, SMK Cendekia Madiun, dan SMK Gamaliel Madiun.  Kegiatan tersebut mengangkat sebuah topik “Menganalisis Butir Soal Melalui Pemanfaatan Sofware Sebagai penguatan Kompetensi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Wilayah Kota Madiun”.

Dengan tim Dosen Pendidikan Fisika Universitas PGRI Madiun yang diketuai oleh Bapak Mislan Sasono, S.Pd.Si.,M.Pd dengan anggota meliputi Farida Huriawati, S.Si.,M.Si, Dr.Tantri Mayasari, M.Pd, Dr.Jeffry Handhika, S.Si.,M.Pd.,M.Si, Purwandari, M.Pd, Erawan Kurniadi, S.Si.M.Pd dan Andista Candra Yusro, S.Pd.,M.Pd.

Kegiatan ini menjadi bukti nyata dari peranan perguruan tinggi, apalagi Program Studi Pendidikan Fisika Universitas PGRI Madiun memiliki tujuan ingin meningkatkan kualitas guru Fisika wilayah Kota Madiun. Bapak Mislan Sasono, S.Pd.Si.,M.Pd selaku ketua dari pengabdian masyarakat ini memberikan harapan melalui pelatihan analisis butir soal kepada guru Fisika tingkat SMA/SMK/MA/Sederajat dalam pemanfaatan software untuk meningkatkan skill atau kemampuan guru dalam mengasesmen butir soal dengan harapan guru mampu memahami prinsip penilaian, guru mampu menyusun inputan data matrik dan kontrol bentuk soal, dikotomi dan politomi  serta soal gabungan, guru juga dapat menggunakan aplikasi ITEMAN dalam menelaah butir soal sehingga kompetensi guru khususnya pada pengembangan keprofesian berkelanjutan meningkat.

“Harapan dan pesan saya nanti agar guru dapat melakukan penilaian butir soal dengan memanfaatkan teknologi atau berbantuan software sehingga guru adaptive terhadap perkembangan .” Tutup Bapak Mislan Sasono, S.Pd.Si.,M.Pd saat diwawancari.