Kajian Kemuslimahan UKKI At-Tarbiyah UNIPMA : Perspektif Islam Mengenai Kesehatan Mental Mahasiswa 

UKKI At-Tarbiyah menggelar kajian kemuslimahan dengan mengusung tema "Perspektif Islam Mengenai Kesehatan Mental Mahasiswa di Lingkungan Kampus", pada Jumat, 05/07/2024, kemarin di Musholla Kampus 2 Universitas PGRI Madiun (Universitas PGRI Madiun). Kegiatan dihadiri sekitar 50 peserta, terdiri dari beragam mahasiswa. kajian ini bertujuan untuk  mengeksplorasi isu kesehatan mental mahasiswa dengan pendekatan Islami, memberikan panduan dan solusi menghadapi tantangan kesehatan mental di lingkungan akademik.

Tema dipilih karena Islam menawarkan panduan komprehensif yang meliputi aspek spiritual, mental, dan sosial. Mahasiswa sering menghadapi tekanan akademik dan sosial yang mempengaruhi kesehatan mental mereka. Dengan memahami perspektif Islam, diharapkan dapat memberikan solusi yang tepat untuk mendukung kesehatan mental mahasiswa secara menyeluruh.

Ukhti Marfianita Ayu Nur Azizah, alumni pengurus UKKI At-Tarbiyah tahun 2018/2019, menjadi narasumber utama dalam kajian ini. Beliau menyoroti bahwa kesehatan mental mencakup berbagai emosi seperti bahagia, kecewa, dan sedih. Berdasarkan riset BEM UI, sekitar 60% mahasiswa mengalami gangguan mental seperti kecemasan dan depresi dalam berbagai tingkatan. QS. Al-Baqarah: 155 menggarisbawahi bahwa manusia sering diliputi rasa cemas, menegaskan perhatian Allah terhadap kesehatan mental umat-Nya.

Marfianita menjelaskan bahwa kunci untuk menghadapi masalah mental adalah dengan mindfulness atau kesadaran penuh terhadap diri sendiri. Dalam pandangan Islam, fokus pada diri sendiri dan berusaha menyelesaikan masalah tanpa menghindarinya adalah penting. Selain itu, konsultasi dengan ahli (psikolog) juga diperlukan sebagai bentuk ikhtiar dalam upaya penyembuhan. “QS. Al-Anbiya' ayat 90 memberikan contoh bahwa mendekatkan diri kepada Allah dan memperbaiki hubungan dengan sesama manusia adalah cara untuk mengatasi kecemasan dan kesulitan.” Ujar Marfianita.

Marfianita juga memberikan tips untuk mengatasi gangguan mental melalui konsep 4B: Brain (Akal Sehat), Beauty (Cantik Luar Dalam), Behaviour (Kebiasaan yang Baik), dan Brave (Keberanian Berhijrah).

Nadila Ayunda Silvia, mahasiswa Pendidikan Akuntansi semester 6, sebagai ketua pelaksana kegiatan ini. Harapannya, kajian ini dapat menginspirasi mahasiswa untuk lebih memahami kesehatan mental dalam konteks Islam dan memberikan wawasan mendalam mengenai nilai-nilai spiritual dan sosial Islam yang relevan dengan kesehatan mental, serta mengurangi stigma terkait masalah ini di lingkungan kampus.