UKECE UNIPMA Gelar Kegiatan Pendidik dan Konselor Sebaya di Madiun 

Unit Kegiatan Mahasiswa Kependudukan Cendekia (UKECE) Universitas PGRI Madiun (Universitas PGRI Madiun) sukses menyelenggarakan kegiatan Pendidik Sebaya dan Konselor Sebaya pada 30/06/2024, kemarin di Kantor Kecamatan Kartoharjo, Madiun.

Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk kelompok konselor sebaya di kampus yang dapat mensosialisasikan peran dan fungsi bimbingan konseling. Selain itu, anggota UKM Kependudukan Cendekia diharapkan dapat membimbing dan memotivasi teman sebayanya dalam menghadapi berbagai permasalahan, serta memberikan informasi penting mengenai konseling sebaya.

Acara dimulai dengan pembukaan dan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan Mars KB. Kemudian, sambutan diberikan oleh ketua pelaksana, pembina UKM Kependudukan Cendekia, dan Ketua Umum UKM Kependudukan Cendekia, lalu diakhiri dengan doa. Pemaparan materi disampaikan oleh Dr. Noviyanti Kartika Dewi,M.Pd.,Kons., yang kemudian diikuti dengan sesi tanya jawab.

Tema yang diusung adalah "Mengembangkan Potensi Sosial dan Emosional Remaja melalui Kolaborasi Pendidik Sebaya dan Konselor Sebaya". Maksud dari tema ini adalah  menekankan pentingnya interaksi serta dukungan dari teman sebaya untuk membantu remaja meningkatkan keterampilan sosial dan emosional mereka.

Pendidik sebaya adalah remaja yang diberi pelatihan untuk membantu teman-temannya dalam aspek akademis, sedangkan konselor sebaya fokus pada dukungan emosional dan pemecahan masalah pribadi. Kolaborasi antara keduanya diharapkan dapat memberikan pendekatan yang lebih holistik, sehingga remaja bisa mendapatkan dukungan yang komprehensif dari teman-teman sebaya untuk memahami situasi mereka.

Manfaat dari kegiatan ini meliputi peningkatan keterampilan sosial dan komunikasi, dukungan emosional yang dapat mengurangi kesepian, peningkatan kepercayaan diri dan prestasi akademik, pengembangan karakter seperti empati dan tanggung jawab, deteksi dan pencegahan masalah seperti bullying, serta pengembangan keterampilan kepemimpinan. Secara keseluruhan, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan psikologis remaja dan mengurangi stres.

Dr. Noviyanti Kartika Dewi,M.Pd., Kons., yang menjadi pemateri dalam kegiatan ini, memberikan materi tentang pengembangan potensi sosial dan emosional remaja dengan Pendidik Sebaya dan Konselor Sebaya. Materi yang disampaikan sangat bermanfaat dalam memberikan pemahaman lebih dalam mengenai pentingnya konseling sebaya dan peran pendidik sebaya dalam mendukung perkembangan remaja.

Ketua pelaksana, Erinna Yulia Putri, melaporkan kepada tim humas bahwa kegiatan ini dihadiri  sekitar 210 anggota dan 23 panitia. Acara juga dimeriahkan dengan penampilan drama dari masing-masing kelompok peserta.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan remaja dapat menjadi lebih siap menghadapi berbagai tantangan sosial dan emosional, serta dapat memberikan kontribusi positif dalam menciptakan lingkungan yang harmonis dan mendukung di kampus.