Universitas PGRI Madiun Lepas Mahasiswa KKN T MBKM Tahun 2024 

Universitas PGRI Madiun (Universitas PGRI Madiun) menggelar acara pemberangkatan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik Merdeka Belajar Kampus Merdeka (KKN T MBKM) bekerja sama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Timur. Acara berlangsung di Lab Terpadu Universitas PGRI Madiun, Senin,08/07/2024.

KKN T MBKM BKKBN Tahun 2024 ini adalah program KKN tematik yang dilaksanakan secara berkala selama empat tahun terakhir. Program ini secara khusus mengakomodasi program Bangga Kencana dari BKKBN. Menurut laporan yang dikirim dari ketua panitia, Dr. Lulus Irawati, S.S., M.Pd, terdapat 60 mahasiswa yang mengikuti, mereka berasal dari tujuh program studi yakni,  PGSD, PG PAUD, Pendidikan Biologi, Bimbingan Konseling, Farmasi, Ilmu Keolahragaan, dan Teknik Informatika.

Para mahasiswa dibagi menjadi empat kelompok dan ditempatkan di beberapa lokasi sebagai berikut:

- Kelompok 1 : 15 mahasiswa di RW 05 Kelurahan Kanigoro, Kota Madiun.

- Kelompok 2 : 15 mahasiswa di RW 10 Kelurahan Kanigoro, Kota Madiun.

- Kelompok 3 : 15 mahasiswa di Dusun Blodro dan Dusun Mojorayung, Desa Mojorayung, Kabupaten Madiun.

- Kelompok 4 : 15 mahasiswa di Dusun Tambak dan Dusun Gedangan, Desa Mojorayung, Kabupaten Madiun.

Mahasiswa akan tinggal dan melaksanakan program kerja mereka di lokasi tersebut mulai 8 Juli- 19 Agustus 2024. Pelaksanaan KKN ini setara dengan 10 SKS yang terbagi menjadi: 4 SKS (Pelaksanaan KKN di lapangan selama 1 bulan 2 minggu), dan 6 SKS  (Penyelesaian tugas-tugas mata kuliah yang dipilihkan oleh program studi). Program unggulan KKN Tematik ini mencakup bidang Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Lingkungan Hidup.

Acara pemberangkatan dihadiri oleh Rektor Universitas PGRI Madiun, Dr. Supri Wahyudi Utomo, M.Pd., Wakil Rektor Bidang III, Dr. Bambang Eko Hari Cahyono, M.Pd., Kepala Kelurahan Kanigoro, Kepala Desa Mojorayung, Kepala LPPM, Dr. Fida Chasanatun, M.Pd., serta para panitia dan mahasiswa peserta KKN T MBKM BKKBN Universitas PGRI Madiun.

Dalam sambutannya, Dr. Supri Wahyudi Utomo, M.Pd., menghimbau agar mahasiswa dapat melaksanakan program kerja Bangga Kencana dan program kerja lainnya dengan lancar dan tepat waktu.  “Saya berharap program kerja mahasiswa peserta KKN dapat bermanfaat bagi masyarakat di lokasi KKN“. Ujarnya.

Rektor juga menyampaikan pesan agar mahasiswa mampu beradaptasi, berbaur dengan masyarakat, serta menjaga diri dan nama baik kampus.