Kolaborasi Deptics dan Masif Dalam Seminar Digital Conference 2023 

Departement of Informatics (Deptics) Program Studi Teknik Informatika dan Mahasiswa Sistem Informasi Program Studi Sitem Infomasi Universitas PGRI Madiun mengadakan kegiatan Seminar Kolaborasi Deptics dan Masif dengan tema “Menjaga Kreativitas di Era Ancaman Cyber”. Seminar dilaksanakan di Lab Terpadu, Lantai 1 Universitas PGRI Madiun pada Sabtu, 18/11/2023.

Seminar ini merupakan kegiatan kolaborasi rutin yang dilakukan oleh Deptics dan Masif dengan harapan agar hubungan erat antar organisasi HMPS terjaga. Berdasarkan dengan tema yang diusung, sehingga kegiatan hanya dihadiri oleh peserta dari Program Studi Teknik yang relevan dengan mata kuliah pengampu pada semester masing-masing.

Program Studi Teknik tersebut adalah Prodi Teknik Informatika dan Prodi Teknik Sistem Informasi. Sherly Rhamadhani Putri Annisa Priyandini melaporkan jumlah peserta mencapai 101 mahasiswa, 4 Dosen Teknik, Kaprodi Sistem Informasi Bapak Ridho Pamungkas, S.Kom.,M.Kom, Dosen Pembina TI Bapak Yoga Prisma Yuda, S.Kom.,M.Kom. serta Bapak Andria,S.Kom.,M.Kom Dosen Sistem Informasi.  Tidak ketinggalan, total ada 27 panitia penyelenggara.

Adapun pemateri yang dihadirkan adalah Indra Gunawan, ST.,M.Kom.,CEH.,CHFI dari Founder & Web Developer PT Aguna Barkah Janapriya dan Rachman Sidharta Arisandi dari Founder & Content Creator Medhion Ae.

Pemateri pertama, Indra Gunawan, ST.,M.Kom.,CEH.,CHFI menyampaikan materi mengenai seputar cyber security. Mulai dari definisi, fungsi, manfaat, contoh, hingga menjaga data dari segala jenis cyber crime.

Pemateri kedua, Rachman Sidharta Arisandi menyampaikan materi mengenai seputar content creator. Mulai dari definisi, tips & Trik, dan perjalanan memulai menjadi content creator kreatif.

Seminar yang dimoderatori oleh Bapak Andria, S.Kom.,M.Kom.,CEH.,CHFI selaku Dosen Sistem Informasi Universitas PGRI Madiun Founder PT. Elsada Media Grup dan Natasya Andryana Saputri Mahasiswa Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan, para mahasiswa sangat antusias dalam mengikuti seminar tersebut. Tidak heran beragam pertanyaan dilontarkan kepada pemateri.

Kegiatan seminar kolaborasi Prodi Teknik Informatika dan Teknik Sistem Informasi disambut baik kedua belah pihak. Dengan adanya seminar ini, kedua Prodi berterima kasih kepada para peserta yang hadir, mahasiswa kedua prodi, dosen, hingga tamu undangan.

Harapannya, kegiatan ini dapat memberikan pemahaman mengenai materi yang telah diusung. Menjadikan peserta paham mengenai meningkatkatkan kreatifitas dan menjadi pengguna cyber yang cerdas.

“Karena secara umum, seminar ini mengajarkan mengenai meningkatkan kreatifitas, kesadaran, dan kewaspadaan mengenai hal berkarya dan hati-hati menjaga data pribadi”. Tutup Sherley selaku ketua pelaksana.