Ngobrol Asyik Mengenai Pengembangan Literasi dan Media Digital di Pendidikan Biologi Bersama Dosen DBI dan Praktisi Kuliah Umum 

Program Studi Pendidikan Biologi Universitas PGRI Madiun mengadakan kuliah Umum dengan tema “Literasi dan Pengembangan Media Digital” pada Kamis, (02/11/2023) di Lab Terpadu Universitas PGRI Madiun. Kuliah umum diperuntukan bagi mahasiswa Pendidikan Biologi sebagai bentuk mendukung praktisi mata kuliah Literasi Media dan Teknologi Pembelajaran.

Narasumber dari kuliah umum ini adalah Rizky, M.Kom yang merupakan Direktur PT Sebangku Jaya Abadi Yogyakarta. Perusahaan ini bergerak dalam bidang pembelajaran Inovatif, board game, literasi, dan game edukatif.  Pada kuliah umum ini, ia  berpartner dengan Dr. Wachidatul Linda Yuhanna, M.Si Dosen DBI dari Universitas PGRI Madiun sebagai pemateri kedua.

Narasumber pertama, Rizky, M.Kom menyampaikan pengembangan dunia pendidikan ke arah penggunaan Artificial Intellegence (AI) dan penggunaan platform potensial sangatlah pesat. “Penggabungan IT dalam dunia pendidikan sangat penting dilakukan demi menghadirkan pembelajaran smart dan kreatif” ujar Rizky, M.Kom. Dalam  materinya, Rizky, M.Kom mengajak mahasiswa mengembangkan media pembelajaran inovatif, mendesain game edukatif, praktik pembuatan desain game, dan media ajar biologi.

Kemudian, ibu Dr. Wachidatul Linda Yuhanna, M.Si sebagai pemateri kedua menyampaikan betapa pentingnya meningkatkan skill dalam pengembangan literasi dan media digital. “Sangatlah penting bagi mahasiswa dalam meningkatkan skill untuk kepentingan pengembangan literasi dan media digital. Terutama meningkatkan skill pengembangan media dan bahan ajar biologi yang inovatif” ujar Dr. Linda.

Tujuan Program Studi Pendidikan Biologi mengadakan kuliah umum ini supaya mahasiswa calon guru mengetahui betapa pentingnya penerapan pengembangan skill di bidang IT dan AI, menambah bahan ide dalam pengembangan media pembelajaran, serta peningkatkan informasi terkait literasi.