Program studi Pendidikan Ekonomi Menggelar Acara Guest Lecture dengan Narasumber Keluarga Besar Buruh Migran Indonesia (KABAR BUMI) dan Researcher dari University of Alberta, Canada Prof. Denize Spritzer. 

Acara diawali dengan Penandatanganan MoU antara KABAR BUMI dan Universitas PGRI Madiun, dilanjutkan dengan Penandatanganan MoA Kuliah Tamu antara beberapa prodi di Universitas PGRI Madiun dengan KABAR BUMI yakni Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Akuntansi, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Hukum, Manajemen, dan Akuntansi.

Rektor Universitas PGRI Madiun, Dr. Supri Wahyudi Utomo, M.Pd telah memberikan sambutan dalam acara Diskusi Publik dan Diseminasi Hasil Riset Remitansi bertajuk “Lives of Migrant Remittances”.

“Diusahakan kerjasama ini dapat membantu dan bermanfaat positif untuk dapat saling memberikan dukungan satu sama lain mengenai imigran di Indonesia.” Ujar Dr. Supri Wahyudi Utomo, M.Pd. Jumat 4 Agustus 2023.

Acara ini berlangsung di Lab Terpadu Lantai 1, turut hadir Dr. Jeffry Handhika, M.Pd., M.Si.(Wakil Rektor IV Universitas PGRI Madiun), Prof Denize Spritzer (University of Alberta Canada), Karsiwen (Kabar Bumi), serta para penanggap Dr. Indriyana Dwi M, SH,MH, Dr. Heny Sidanti, SE,MM, Dr. Sulistya Eviningrum, S.H.,M.H, Maretha Berlianatiya, S.Pd.,M.Si, Yoga Ardian Feriandi, S.Pd., M.Pd., dan Kristin Ningsih.

Kerja sama ini nantinya akan terus dilanjutkan dalam beberapa kegiatan seperti kuliah umum, seminar, penelitian dan pengabdian masyarakat. Seperti halnya yang sudah dilakukan oleh ibu Novita Erliana Sari, S. Pd., M.Pd selaku Dosen Pendidikan Ekonomi dalam pengabdian bersama Kabar Bumi dengan mengandeng  Universitas of Aberta  Canada.

Selain itu kerjasama ini dapat memperkuat institusi melalui kerjasama baik tingkat nasional maupun internasional.

Acara kuliah tamu ini diharapkan dapat memberikan wawasan terkait perlindungan hukum bagi imigran, pembelajaran tentang pengaturan keuangan bagi keluarga imigran, hingga sorotan ekonomi.