Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ponorogo, Drs. H. Nurhadi Hanuri, MM Nyatakan Terkesan Dengan Pameran PPG UNIPMA 

Mahasiswa Program PPG (Pendidikan Profesi Guru) Gelombang 2 Tahun 2022 Universitas PGRI Madiun (Universitas PGRI Madiun) mengadakan kegiatan pameran karya  bertema  “Semangat Berinovasi untuk Kemajuan Pendidikan Indonesia”. Acara tersebut berlangsung pada Rabu,02 Agustus 2023 di Graha Cendekia Universitas PGRI Madiun.

Drs. H. Nurhadi Hanuri, MM, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ponorogo mengaku sangat berkesan tentang penyelenggaraan pameran dan gelar karya inovatif ini.

“Saya sangat terkesan, para mahasiswa PPG Universitas PGRI Madiun mempunyai bekal menjadi guru professional dimasa mendatang.” Ujar Drs. H. Nurhadi Hanuri, MM.

Kegiatan pameran ini merupakan bagian dari rangkaian akademik mahasiswa PPG prajabatan tahun 2023.

“Produk karya yang dibuat oleh para mahasiswa sangat tertata dan membuktikan bahwa mahasiswa PPG Universitas PGRI Madiun akan menjadi calon guru yang sangat berkualitas di masa depan.” tambahnya. 

Setelah penyelanggara ini, harapannya mahasiswa PPG Universitas PGRI Madiun mampu menjalankan tugas menjadi seorang guru yang modern sesuai kemajuan perkembangan jaman.

Sebab, bentuk karya yang ditampilkan membuktikan betapa kreatifnya mahasiswa PPG Universitas PGRI Madiun dalam membranding sosok guru yang professional.

Kemudian beliau juga menyampaikan bahwa para mahasiswa PPG Universitas PGRI Madiun karyanya sangat mendukung implementasi kurikulum merdeka yang mampu mendorong para guru untuk bisa memiliki kompetensi digitalisasi dalam mendesain model-model pembelajaran.

Sehingga akan memudahkan peserta didik untuk bisa melaksanakan pembelajaran dimana dan kapan saja tanpa ada batasan waktu. Karena, karya yang ditampilkan berbasis digital interaktif dan mendorong siswa memiliki karakter kritis, kreatif , mandiri serta berwawasan luas.

Dalam menyusun perangkat pembelajaran para mahasiswa PPG angkatan 2 Universitas PGRI Madiun juga sudah mengintegrasikan diri bahwa pembelajaran tidak hanya penguasan kompetensi akademik saja.

Namun juga sudah merancang siswa agar mampu mengaktualisasikan  kompetensi untuk bisa menghasilkan produk dalam mengembangkan kompetensi kewirausahaan. Hal tersebut sudah menjadi  bukti penerapan P5 sebagai hasil karya produk kreativitas.

Harapan kedepannya, para mahasiswa PPG angkatan ke 2 ini mampu  menginpirasi dan mendorong guru untuk menjadi guru yang aktif , kreativ dan inovativ. Seperti yang sudah diharapkan dari implementasi kurikulum merdeka yakni, mampu membentuk karakter peserta didik dengan karakter Profil Pelajar Pancasila. Untuk kedepannya dapat melahirkan calon pemimpin bangsa yang hebat dimasa mendatang.