Gandeng Nueva Ecija University of Science & Technology (NEUST) Filipina, Program Studi Pendidikan Fisika Universitas PGRI Madiun Siap Untuk Cetak Guru Go Internasional, Ini Ulasannya 

Program kuliah tamu Universitas PGRI Madiun dengan NEUST Filipina telah berlangsung. “Pendidikan Fisika Universitas PGRI Madiun memiliki harapan untuk tahun depan ingin menjalin kerjasasama dan berkolaborasi dengan NEUST tidak hanya dalam  bidang Pendidikan dan Pembelajaran tetapi juga dalam bidang riset atau penelitian.” Ujar Ibu Farida Huriawati, S.Si., M.Si selaku Ketua Program Studi pendidikan Fisika (Kaprodi). Sebagai Penguatan Kompetensi dan Menguatkan Tri Dharma Perguruan Tinggi dari Elemen Tenaga Edukatif (Dosen Pendidikan Fisika) Universitas PGRI Madiun.

Kerjasama ini ditandai dengan pertemuan diruangan Program Studi Fisika pada Jumat, 5 Mei 2023. Sebuah pertemuan antara  Dr. Analiza B. Tanghal dari NEUST Filipina dengan Kaprodi Pendidikan Fisika Ibu Farida Huriawati, S.Si., M.Si, dan Sekretaris Program Studi (Sekprodi) Bapak Mislan Sasono, S.Pd.Si.,M.Pd, berserta Dosen dilingkup program studi Pendidikan Fisika.

Dalam kolaborasi Kuliah Tamu atau Guest Lecture ini memiliki tujuan untuk saling berbagi ilmu pengetahuan dari NEUST ataupun Universitas PGRI Madiun. Selain itu mempererat dan menjalin kerjasama guna meningkatkan kualitas pembelajaran bagi mahasiswa dalam lingkup program studi dalam rangka memperkuat Universitas terkait dengan Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi.

“Antusias mahasiswa dan mahasiswi Program Studi Fisika sangat positif karena dapat memberikan pengalaman dan pengetahuan baru bagi mahasiswa prodi Pendidikan Fisika.” Ujar  Farida Huriawati, S.Si., M.Si.

Dalam sesi perkuliahan tamu ini ungkapan yang disampaikan oleh Ibu Ibu Farida Huriawati, S.Si., M.Si selaku Kaprodi Pendidikan Fisika menegaskan bahwa kegiatan kuliah tamu banyak memberikan bagi program studi maupun mahasiswa pendidikan fisika Universitas PGRI Madiun. Dimana Pendidikan Fisika dalam pelaksanaan kegiatan kuliah tamu melaksanakan kegiatan dengan respon positif hal ini terlihat  antusias mahasiswa dalam mengikuti kuliah tamu yang diselenggarakan oleh Universitas PGRI Madiun dan NEUST.

“Fisika merupakan pembelajaran abstrak yang perlu pemahaman lebih baik. Pada perkuliahan fisika dapat disajikan fenomena disekitar yang dapat dijelaskan secara konkrit sehingga mudah dimengerti. Penjelasannya dibantu disiplin ilmu yang lain yang terkait seperti kimia, biologi dan matematikanya.” Tambah Farida Huriawati, S.Si., M.Si.

Program Studi Pendidikan Fisika Universitas PGRI Madiun melakukan kalaborasi dalam bentuk kegiatan kuliah tamu ini bertujuan sebagai upaya memfasilitasi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman dan pengetahuan baru dalam memperkuat profil lulusan pendidikan fisika dalam memasuki dunia kerja sebagai calon guru pendidikan fisika serta menjalankan kebijakan Bapak Mentri kemendikbudristek tentang Merdeka Belajar Kampus merdeka (MBKM).

“Selain itu Program Studi Pendidikan Fisika Universitas PGRI Madiun memiliki ruang jurnal publikasi ilimiah yakni Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK) yang terindek Sinta 2 dengan focus and Scopenya berbagai topik artikel fisika dan pendidikan fisika meliputi: Penelitian Pendidikan Fisika, Pengembangan Media dan Model Pembelajaran Fisika, Evaluasi dan Penilaian pembelajaran fisika, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika, teori fisika, dan Fisika terapan. Dengan adanya Kerjasama antara Universitas PGRI Madiun dan NEUST serta Guest Lecture yang dilakukan di program studi pendidikan fisika harapannya dapat saling berkolaborasi dan tukar menukar reviewer jurnal ilmiah di program studi untuk meningkatkan akriditasi jurnal ke Sinta 1.”  Tambah Farida Huriawati, S.Si., M.Si. dan Mislan Sasono, S.Pd.Si.,M.Pd.

Pertemuan kuliah tamu ditutup dengan pemberian souvenir dari Pendidikan Fisika Universitas PGRI Madiun oleh Kaprodi  sebagai bentuk kenang-kenangan dan hadiah kepada NEUST Filipina dalam kolaborasi dan Kerjasama antara pendidikan fisika Universitas PGRI Madiun dan College of Art and Sciences NEUST Filipina.