UNIPMA Gelar Kompetisi Teknologi Robofest Nasional 2023 

Kegiatan Program Studi S-1 Teknik Elektro Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP), Robofest tahun ini diselenggarakan pada 15 Maret 2023 dengan tema “Ciptakan robot terbaik anda serta tunjukkan kemampuan PLC anda untuk masa depan“. Bertempat di GOR Cendekia Universitas PGRI Madiun, festival yang diisi dengan rangkaian perlombaan yang berhubungan dengan robot ini diikuti oleh SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA dan Perguruan tinggi seluruh Indonesia. Selain para peserta lomba tersebut, para guru pembimbing dan orang tua murid turut memadati gedung olahraga untuk mendukung anak-anaknya.

Wakil Rektor Bidang I Universitas PGRI Madiun, Dr. Elva Nuraina, S.E., M.Si. dalam sambutan untuk membuka acara ini berbicara mengenai pentingnya robot untuk membantu kehidupan manusia. Namun, manusia itu sendiri tidak boleh kehilangan nilainya sebagai makhluk hidup yang menciptakan robot.

Pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan Kompetisi Teknologi Robofest Nasional 2023 ini. “ini kali pertama digelar lagi setelah masa pandemi, semoga sukses untuk lomba ini, tetap junjung sportivitas, dan semangat berlomba,” ujarnya.

“dengan mengucapkan bismillah, acara ini semoga berjalan lancar, barokah dan mendapatkan manfaat untuk kita semua, acara Robofest ini dengan resmi bisa di mulai,” Wakil Rektor Bidang I Universitas PGRI Madiun saat membuka acara.

Acara ini terdiri dari beberapa kategori lomba yang dapat diikuti oleh para siswa. Perlombaan tersebut terdiri dari Robot Soccer, Misi Manual, Misi Coding, Race bagi siswa SD/MI; Line Follower bagi siswa SMP/MTs hingga SMA/SMK; PLC Mahasiswa, dan PLC SMK.

Ketua Pelaksana Robofest 2023 mengungkapkan bahwa tujuan diadakannya acara ini adalah untuk memotifasi anak-anak dari usia pelajar untuk bisa berkreasi. Mereka dilatih dan dituntut untuk mencari problem solving dan kreatif dengan berbagai permainan. “kegiatan ini juga bertujuan untuk mengembangkan ilmu dan bakat para siswa di bidang robotika, semoga peserta lomba bisa melaksanakan dengan sportif,” ujar ketua pelaksana.