Gandeng Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Dosen UNIPMA Laksanakan Abdimas  

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan oleh tim pengabdi yang terdiri dari Dosen Universitas PGRI Madiun (Universitas PGRI Madiun) yang di ketuai oleh Dra. Wahyuningsih, M. Pd. Yang beranggotakan diantaranya Dra. Ruslina Yulaika, M.M, Drs. Wikanso, M.Pd. Drs. Teja Insyaf Sukariyadi, M. Pd. Indra Puji Astuti, M.Pd. Ridam Dwi Laksono, S.Si., M.Pd. dan Doni Susanto, M.Pd. serta mahasiswa.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di Universitas PGRI Madiun Kampus Ngawi yang beralamat di Jalan Raya Ngawi-Madiun Km 5 Ngawi. Kegiatan dimulai dengan pemaparan serta penjelasan tentang dampak negatif dari sampah organik maupun anorganik bila tidak segera ditangani dengan baik dan benar
melalui penjelasan langsung.

Adapun sasaran Abdimas ini kepada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas PGRI Madiun. Di samping itu, mahasiswa juga dapat menjadi agen dalam pembuatan eco enzyme di lingkungannya masing- masing sehingga dapat mengurangi sampah yang menumpuk di TPA. Dengan demikian, sampah dapur menjadi berkurang karena dijadikan eco enzymee dan ekosistem lebih terjaga.

Dra. Wahyuningsih, M. Pd. Selaku ketua Abdimas mengatakan bahwa kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berjalan dengan baik dan lancar. Peserta kegiatan antusias sekali dalam kegiatan ini karena belum pernah diadakan sebelumnya.

Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan, informasi, dan wawasan mengenai pengolahan sampah organik menjadi Eco enzyme kepada mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas PGRI Madiun.

Dengan adanya kegiatan ini mahasiswa mendapat pengetahuan baru tentang pemanfaatan sampah dapur yang dapat diolah menjadi eco enzyme yang sangat bermanfaat untuk perbaikan ekosistem seperti membantu mencegah pemanasan global, dapat menjadi alternatif produk kimia sintetis, menjernihkan air sungai, menejernihkan air kolam, menjernihkan air danau.