Praktik Inseminasi Buatan, Pendidikan Biologi UNIPMA Gandeng Praktisi dari BBIB Singosari Malang 

Pembelajaran berbasis proyek saat ini sangat relevan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa. Inovasi dalam perkuliahan diharapkan membawa suasana baru dan meningkatkan produktifitas dosen mahasiswa. Upaya mewujudkan perkuliahan yang aktif dan berbasis proyek, program studi Pendidikan Biologi menggandeng praktisi  dari Balai Besar Inseminasi Buatan (BBIB) Singosari Malang. Kegiatan ini berujuan untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa untuk mengimplementasikan teori ke dalam praktik secara kontekstual. Kegiatan ini dibiayai oleh Kemdikbudristek melalui hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM).

Kegiatan praktisi mengajar ini dilakukan pada mata kuliah embriologi hewan yang diampu oleh Dr. drh Cicilia Novi Primiani, M.Pd. Pembelajaran mata kuliah ini menghadirkan praktisi dari Dr.drh. Andi Widodo Wijanarko, M.Si. yang menyampaikan tentang materi tentang inseminasi buatan. Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 18-19 November 2022 di laboratorium terpadu Universitas PGRI Madiun.

“Melalui kegiatan ini, kami dari BBIB dapat mendiseminasikan bidang keilmuan kami kepada mahasiswa, sehingga mahasiswa tidak asing dengan istilah inseminasi buatan dan cara implementasinya pada ternak” tutur Dr. Andi Widodo selaku pemateri. Selain pemaparan teori, mahasiswa juga diberi kesempatan mensimulasikan kegiatan inseminasi buatan dengan menggunakan peralatan dari BBIB. Mahasiswa sangat antusias dalam dikusi dan kegiatan perkuliahan dengan praktisi.

“Awalnya saya belum bisa membayangkan apa itu inseminasi buatan, namun setelah kegiatan praktisi mengajar ini, saya mendapatkan ilmu dan pengalaman yang sangat berharga,” ungkap Duvadilan, mahasiswa Pendidikan Biologi. Kegiatan ini merupakan inisiasi awal dalam membangun kemitraan dengan BBIB. Harapannya kegiatan ini dapat berlanjut ke arah magang dan penelitian bersama BBIB Singosari Malang.