Perdalam Materi Keanekaragaman Hewan, Mahasiswa Pendidikan Biologi Kuliah Bersama Peneliti Oseanografi Brin 

Upaya peningkatan kompetensi mahasiswa terus dilakukan oleh program studi Pendidikan Biologi Universitas PGRI Madiun (Universitas PGRI Madiun). Salah satu kegiatan  untuk mendukung kompetensi mahasiswa adalah kolaborasi dengan praktisi dalam perkuliahan. Program praktisi mengajar ini merupakan salah satu aktivitas pelaksanaan Hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) yang dibiayai oleh Kemdikbudristek. Tujuan dari kegiatan ini adalah mahasiswa memperoleh materi secara kontekstual dari praktisi, sehingga implementasi basic knowledge dapat diintegrasikan dalam kehidupan.

Salah satu praktisi yang menjadi mitra kolaborasi adalah Ucu Yanu Arbi, M.Si, peneliti Pusat Studi Oseanografi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Ucu berkolaborasi dengan Dr. Wachidatul Linda Yuhanna, M.Si. pada mata kuliah Keanekaragaman Hewan. “Saya sangat mengapresiasi prodi Pendidikan Biologi Universitas PGRI Madiun karena mampu menggelar kegiatan akademis yang positif dengan mendatangkan praktisi” ujar Ucu Yanu Arbi. Penyampaian materi dilakukan selama dua kali pertemuan pada tanggal 8 dan 15 November 2022. Materi pertama adalah keanekaragaman biota laut dan materi ke dua mengarah pada Molusca dan peranannya bagi kehidupan.  Kedua materi ini sangat menarik dan relevan bagi perkuliahan keanekaragaman hewan.

Selain untuk mahasiswa, adanya praktisi mengajar ini juga bermanfaat bagi dosen pengampu. Dosen dapat lebih mengeksplorasi materi dari pengalaman nyata praktisi. Sebelum pembelajaran berlangsung dosen dan praktisi berkolaborasi dalam menyusun perangkat dan bahan ajar yang relevan melalui FGD. “Kolaborasi dengan praktisi merupakan pengalaman baru dan sangat mendukung perkuliahan keanekaragaman hewan, materi disajikan secara sistematis berbasis pada best practices dari pengalaman praktisi,” ujar Dr. W. Linda Yuhanna selaku dosen pengampu.

“Kegiatan ini diharapkan dapat berlanjut secara kontinyu pada mata kuliah yang lain.” ungkap Nurul Kusuma Dewi, M.Sc. selaku PIC kegiatan praktisi mengajar. Ke depan, harapannya prodi Pendidikan Biologi bekerjasama dengan BRIN tidak hanya pada kegiatan praktisi mengajar, tetapi juga pada kegiatan yang lain seperti penelitian bersama, mahasiswa magang dan asistensi penelitian.