Siapkan Lulusan Berkualitas, FT UNIPMA Gelar Uji Kompetensi Bisnis Digital 

Fakultas Teknik Universitas PGRI Madiun (FT Universitas PGRI Madiun) melaksanakan Uji Kompetensi Bisnis Digital. Uji Kompetensi dilakukan dengan menggandeng Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Bisnis Digital Surabaya di gedung Laboratorium Terpadu Universitas PGRI Madiun pada Sabtu, (13/8/2022). 

Sebelum kegiatan uji kompetensi, telah dilaksanakan penandatanganan MoU & MoA oleh Rektor Universitas PGRI Madiun, Dekan Fakultas Teknik Universitas PGRI Madiun dan Direktur LSP Bsinis Digital di Smart Classroom, Lab Terpadu Universitas PGRI Madiun.

Dekan FT Universitas PGRI Madiun, Nasrul Rofiah Hidayati, S.T., M.Pd. mengatakan, bahwa kegiatan uji kompetensi ini diikuti oleh 60 mahasiswa semester akhir yang berasal dari program studi Teknik Informatika dan Sistem Informasi.

Saat ini kebutuhan sumberdaya manusia yang memiliki kompetensi bidang bisnis digital semakin tinggi. Akan tetapi, ketersediaan sumberdaya manusia yang memiliki kompetensi tersebut masih terbatas. Untuk itu, FT Universitas PGRI Madiun membekali lulusan dengan kompetensi Bisnis Digital yang dibuktikan dengan sertifikat kompetensi secara nasional dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

“Skema uji kompetensi ini terdiri dari dua skema, yaitu sertifikat klaster penjualan ritel melalui platform digital (digital retail marketing) sebanyak 40 peserta dan sertifikasi okupasi digital media planner sebanyak 20 peserta," tutur Nasrul.

Lebih lanjut Nasrul mengungkapkan, bahwa  uji sertifikasi kompetensi bisnis digital bertujuan untuk membekali lulusan dengan kompetensi Bisnis Digital yang dibuktikan dengan sertifikat kompetensi secara nasional dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Nasrul berharap dengan lulusan FT Universitas PGRI Madiun yang berbekal sertifikat kompetensi bisa memberikan kemudahan bagi calon lulusan FT Universitas PGRI Madiun dalam memperoleh pekerjaan di dunia industri. Selain itu, Fakultas Teknik dapat menjadi Tempat Uji Kompetensi (TUK) secara rutin dengan bekerjasama dengan LSP Bisnis Digital, yang nantinya lulusan dari mahasiswa Fakultas Teknik lebih siap dan matang dalam menghadapi dunia kerja maupun membuka usaha sendiri.