Bekali Jiwa Wirausaha, UNIPMA Gelar Kompetisi Inkubator Kewirausahaan Mahasiswa 

Universitas PGRI Madiun (Universitas PGRI Madiun) melalui Unit Kewirausahaan Universitas PGRI Madiun menghadirkan wadah berkreasi dalam membekali mahasiswa agar memiliki jiwa usaha dengan sebuah program kompetisi inkubator kewirausahaan mahasiswa.

Progam kompetisi ini terdapat dua bidang yaitu bidang industri kreatif hand craft dan bidang desain merchandise. Kegiatan ini diikuti oleh 82 tim yang merupakan mahasiswa Universitas PGRI Madiun dalam berbagai program studi.

Kegiatan yang di buka oleh Rektor Universitas PGRI Madiun, Dr. Supri Wahyudi Utomo, M.Pd. ini digelar secara luring selama dua hari di ruang pertemuan, gedung lab. Terpadu Universitas PGRI Madiun pada Jumat-Sabtu, 17-18/06/2022.

Kompetisi ini diambil juara 1,2, dan 3 disetiap bidang dengan mendatangkan tiga juri yang mahir di bidangnya.

Kepala Unit Keiwrausahaan Universitas PGRI Madiun, Rischa Pramudia Trisnani, M.Pd. mengatakan bahwa dari 82 tim tersebut disaring menjadi 10 besar. "Jadi alurnya, mahasiswa mengirimkan proposal, kemudian siap untuk direview dan diambil 10 besar. Nah 10 besar ini yang presentasi di depan juri," jelasnya.

Sepuluh besar tersebut termasuk dua bidang, yaitu 5 tim bidang industri kreatif hand craft dan 5 tim bidang desain merchandise.

“Tim yang menang juga kami berikan pembekalan dari industri dan dapat magang setelah itu harapan kami dengan adanya kompetisi inkubator ini nantinya bisa menciptakan inkubator-inkubator bisnis Universitas PGRI Madiun,” ujar Rischa.

Wakil Rektor Bidang III, Dr. Bambang Eko Hari Cahyono, M.Pd. mengapresiasi adanya program kompetisi inkubator kewirausahaan mahasiswa, dengan tujuan membangun jiwa kewirausahaan yang kreatif dan business sustainability. "Program inkubator seperti ini diperlukan supaya mahasiswa Universitas PGRI Madiun siap berwirausaha, sesuai dengan visi Universitas PGRI Madiun yaitu Pada tahun 2033 menjadi perguruan tinggi yang unggul di tingkat nasional dan menghasilkan lulusan yang cerdas, berdaya saing, dan memiliki kemampuan berwirausaha."ujarnya saat memberikan sambutan di penghujung kegiatan, sebelum pengumuman pemenang.

Wakil Rektor Bidang III mengungkapkan  antusias mahasiswa Universitas PGRI Madiun dalam berwirausaha sangat tinggi. Hal ini dibuktikan dengan peserta yang mengikuti kompetisi ini sejumlah 82 tim.

"Alhamdulillah peserta 82 tim, mahasiswa sangat antusias mengikuti kompetisi ini, kompetisi yang sehat. Dimana dalam berkompetisi ada yang menang dan ada yang belum menang. Saya berharap hal ini disikapi dengan positif," paparnya.

 

Di akhir sambutan sekaligus menutup kegiatan, Wakil rektor bidang III juga mengucapkan terimakasih dan rasa bangga untuk para mahasiswa yang sangat antusias mengikuti kompetisi ini.