Mahasiswa Manajemen UNIPMA Beri Pelatihan Kelompok UMKM Desa Tempursari  

Jumat, 26 November 2021. Tim KKN Pengabdian Masyarakat Program Studi Manajemen Universitas PGRI Madiun memberikan pelatihan kepada Ibu-Ibu Kelompok UMKM Desa Tempursari Madiun  Pada Minggu, 21 November 2021. Tema pelatihan yaitu “Upaya membangun umkm desa tempursari menjadi  BERDIKARI (Berdiri Dibawah Kaki Sendiri)”.

Dalam Pelatihan ini ada 6 orang peserta yaitu Ika puji lestari, Sri rahayu, Mu eka, endang L, Sati dan Sujyen.

Ketua KKN Siska Dwi Anggita Putri, mengatakan “Program KKNT Abdimas ini kami laksanakan untuk membentuk struktur badan Sentra Olahan Keletan di Desa Tempursari”, katanya.

Siska juga menjelaskan, Tahap awal yang kami lakukan adalah  mempersiapkan UMKM yang berbadan hukum melalui kepemilikam NIB yang selanjutnya dapat diajukan untuk memiliki PIRT dan sertifikasi halal MUI. Sehingga hal tersebut bisa sangat menguntungkan pelaku UMKM. Dengan adanya P-IRT UMKM tidak perlu khawatir lagi karena bisa menjangkau pasar/memasarkan produknya di berbagai tempat tanpa khawatir legalitas dipertanyakan, serta mendapat kepercayaan konsumen.

Sering di jumpai bahwa banyak sekali jenis usaha UMKM yang  mencampur keuangannya dengan satu pintu, yaitu dengan cara  penggabungan antara modal usaha dan financial rumah tangga. Maka dari itu selain  kegiatan pembuatan NIB, kami  kelompok KKN Abdimas Universitas PGRI Madiun juga memberikan gambaran dan pelatihan pengelolaan laporan keuangan sederhana untuk pelaku UMKM agar mampu memisahkan keuangan rumah tangga dan keuagan permodalan.

Harapan kami kedepannya, KKN ini dapat bermanfaat bagi UMKM khususnya UMKM di desa Tempursari. Dan juga bisa menjadikan KKN lanjutan untuk adik tingkat kami sehingga dapat meneruskan program kerja kami yang belum sempat kami realisasikan diperiode kami dan memberikan kontribusi Desa Tempursari agar dipandang sebagai Sentra Olahan Keletan di Kabupaten Madiun.