Wisuda Sarjana dan Pascasarjana IX, UNIPMA Tambah 839 Lulusan 

Kamis, 25 November. Bencana Kesehatan Masyarakat Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia sudah mulai landai, hal ini menjadikan pelaksanaan prosesi upacara wisuda sarjana dan pascasarjana IX Universitas PGRI Madiun secara luring dan disiarkan secara langsung via live streaming chanel You Tube Universitas PGRI Madiun. Acara ini diatur  dengan empat sesi. Yakni sesi 1 & 2 dilaksanakan hari ini Kamis, 25 November 2021 dan sesi 3 & 4 dilaksanakan hari Sabtu, 27 November 2021.

Acara wisuda luring ini dibuka dan dipimpin langsung oleh Rektor Universitas PGRI Madiun Prof. Dr. H. Parji, M.Pd. dari Gedung Graha Cendekia Universitas PGRI Madiun Jl. Auri No. 6 Madiun. Bersama rektor tampak hadir para Wakil Rektor, Ketua Senat dan beberapa anggota Senat, serta para Dekan selingkung Universitas PGRI Madiun. Sementara para undangan lainnya termasuk Kepala LLDIKTI Wilayah VII Prof. Dr. Ir. Suprapto, DEA. yang hadir dalam video conferen/zoom.

Dibanding biasanya, wisuda luring ini memang jauh berbeda. Biasanya Gedung Graha Cedekia Universitas PGRI Madiun penuh sesak dengan wisudawan dan orang tua wisudawan, serta para keluarga dan kolega wisudawan menunggu hingga di luar gedung. Namun kali ini, gedung yang berkapasitas kurang lebih 2000 orang, terlihat sepi dan lengang. Ratusan kursi disusun dengan jarak minimal satu meter karena pelaksanaan bersesi-sesi serta diwajibkan menggunakan masker dan mematuhi protokol kesehatan.

Pada wisuda sarjana dan pascasarjana IX ini, Universitas PGRI Madiun meluluskan 839 wisudawan dari empat fakultas. Rinciannya, Wisudawan Program sarjana Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) sebanyak 538 wisudawan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis(FEB) 162 wisudwan.

Berikutnya, Fakultas Teknik (FT) 98 wisudawan, serta Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains (FIKS) 14 wisudawan.Berdasarkan jenjang pendidikan, 839 wisudawan tersebut terdiri dari 28 orang dari program Pascasarjana S-2, dan 811 orang dari program Sarjana Reguler (S-1).

Menariknya dalam rangkaian wisuda ini juga sekaligus diumumkan Wisudawan Terbaik dan Dengan Pujian. Sesi 1 wisudawan terbaik Program Sarjana, Titin Ervitas dari Pendidikan Akuntansi dengan IPK 3,96, Rima Nurmalia dari Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dengan IPK 3,92, Dinna Ririn Agustina. dari Pendidikan Ekonomi dengan IPK 3,87, Nurul Kholifah dari PPKN dengan IPK 3,87, Deby pretitama dari Bimbingan dan Konseling dengan IPK 3,79. Serviana Mintartik dari Prodi Sejarah dan Fitria Anugrahini 3, 73.

Sedangkan untuk jenjang Pascasarjana S-2, wisudawan Terbaik dan Dengan Pujian adalah AGUSTINUS SUBARDI, M.Pd. dari Program Studi PBSI dengan IPK 3,93. dan Program Studi IPS NIKO PARMANA PUTRA, M.Pd. dengan IPK 3,88.

Sesi 2 Ardiana Ayu Anjarwati dari Pendidikan Biologi dengan IPK 3,95. Yahya Dwi Wijaya, dari Sistem informasi dengan IPK 3,93. Asdi Putra Prigas Prakosodari Teknik Elektro dengan IPK 3,91. Yosua Robby Rossevelt  dari Teknik Elektro dengan IPK 3,90. Alissa Qodrunnada dari Pendidikan Matematika dengan IPK 3,89. Zulfawati dari Pendidikan Fisika dengan IPK 3,87. Emylia Arghawaty dari Teknik Industri dengan IPK 3,86. Poppy Ananda Sri Rahayu dari Farmasi dengan IPK 3,85. dan Nadhia Fikri Anti dari Teknik Kimia dengan IPK 3,84.

Pada wisuda luring dan disiarkan melalui live streaming chanel youtube ini, Rektor Universitas PGRI Madiun Prof. Parji menyampaikan Selamat kepada para wisudawan, semoga ilmu yang didapat dibangku kuliah dapat bermanfaat bagi diri sendiri, bagi masyarakat, Bangsa dan Negara. Walaupun tidak mengundang orang tua wisudawan tetapi tidak mengurangi makna wisuda pada hari ini.

Kemudian Rektor mengingatkan bahwa untuk mendapatkan pekerjaan-pekerjaan baru tidak mudah. “Anda harus senantiasa mengasah kemampuan diri karena Universitas PGRI Madiun sudah membekali banyak hal tidak hanya soft skil tetapi hard skil juga, kemampuan wirausaha dan kepemimpinan bahkan kami sudah memberikan pembekalan khusus untuk wisudawan. Saudara patut bangga menjadi alumni Universitas PGRI Madiun, 15 Tahun terakhir kita selalu terdepan bidang akademik maupun kemahasiswan, Bahkan kampus kita memenangkan 25 hibah kompetisi tingkat nasional”, Ujar Prof Parji.

Beliau juga menyampaikan bahwa wisudawan harus berbangga dan percaya diri untuk melangkah selanjutnya. “Ini semua tidak bisa dilakukan kalau kampusnya tidak maju dan mudah-mudahan capaian prestasi yang bisa kita kembangkan. Dan saya berterimakasih sangat luar biasa Wisuda hari ini bertepatan dengan hari guru nasional, juga bertepatan hari guru yang ke-76, semoga sukses semua sehat semua", Papar Prof Parji.

Kepala LLDIKTI Wilayah VII Prof. Dr. Ir. Suprapto, DEA. mengatakan di era sekarang ini jika kita tidak memiliki daya saing maka akan tergeser. Sehingga wisudawan dituntut untuk emiliki daya saing dalam menyelesaikan persoalan di lapangan, maka harus menyelesaikn persolan dengan tepat cepat dan bijak.

"Itu sulit, anda harus punya jiwa inovatif dan responsif dan kreatif. Universitas PGRI Madiun Kampus yang berhasil dengan gudang prestasi, maka saudara harus bisa berbangga dan menambah rasa percaya diri dalam menghadapi kehidupan yang sesungguhnya”, Papar Prof. Prapto.