Hari Keempat, Mahasiswa UNIPMA Dibekali Trik Merebut Peluang Kerja Dimasa Pandemi  

Rabu, 11 November 2021. Dampak buruk pandemi Covid-19 terhadap ekonomi global sangat nyata, tidak terkecuali Indonesia, meski diprediksikan akan semakin membaik. Selain angka pengangguran yang sangat besar, banyak pekerjaan dipastikan hilang, bahkan akan sulit pulih sekalipun pandemi ini berakhir. Kondisi tersebut menjadi tantangan baru bagi para pencari kerja untuk meraih peluang kerja di saat pandemi.

Sehubungan dengan hal itu, Universitas PGRI Madiun memberikan pembekalan kepada Mahasiswa Calon Alumni dengan Trik Merebut Peluang Kerja Dimasa Pandemi. Pembekalan tersebut dilaksanakan daring melalui zoom meeting dan live youtube dibuka oleh Dekan FEB Universitas PGRI Madiun, Dr. Aglis Andhita Hatmawan, MM dan di moderatori oleh Rizal Ula Ananta Fauzi, S.E.,M.M dengan menghadirkan dua pembicara yaitu Galih Ratih N (Alumni 2017), dan Dinar Hana Sadriyantien W (Pengusaha).

Dalam sambutannya Aglis mengatakan bahwa untuk mampu mengeksplorasi peluang peluang besar di era revolusi industri 4.0 ini, para lulusan perguruan tinggi dituntut untuk tidak hanya memiliki Indeks Prestasi Kumulatif yang tinggi saja, namun mereka juga dituntut untuk mampu berkomunikasi dengan baik, mampu mengelola emosinya dengan baik, serta mampu berkreasi dan berinovasi dengan bekal keilmuan yang telah mereka miliki.

“Saya berharap mahasiswa juga jangan fokus mencari pekerjaan saja, tetapi juga mencoba membuat peluang kerja. Semoga Mahasiswa  dapat menggali banyak informasi dari pemateri terkait dunia kerja dan usaha” ujarnya.

Pemateri pertama yaitu Galih Ratih yang memaparkan materi tentang trik lolos dipanggil kerja oleh perusahaan. Galih mengatakan bahwa dengan mempercantik daftar riwayat hidup (CV) bisa mencuri perhatian HRD. Dimulai dengan membuat portofolio yang mudah dipahami, menonjolkan pengalaman yang relevan dengan posisi yang akan dilamar, menonjolkan keterampilan yang dimiliki terutama yang jarang dimiliki orang lain, serta membuat desain CV yang menarik.

Untuk  meraih peluang kerja di masa pandemi juga dapat dilakukan dengan meningkatkan kemampuan baik secara otodidak maupun yang diperoleh melalui kuliah online, pelatihan industri, serta kursus. Lalu, membangun jaringan seluas-luasnya.

“Selain itu jadilah pencari kerja yang selektif, bukan pilih-pilih,” terangnya Kamis (11/11) dalam penyampaian materi melalui zoom meeting.

Sebaliknya, materi kedua yaitu mengenai membangun bisnis di era digital oleh Dinar Hana. Menurut Dinar, dalam mendirikan sebuah bisnis dibutuhkan 3 pilar utama yaitu mindset, skillset, dan soulset. “Untuk memulai usaha harus menententukan goalsnya terlebih dahulu, dasar idenya bagaimana, serta permasalahan dari perencanaan bisnisnya seperti apa. Catat setiap permasalahan dan munculkan solusinya, kemudian jual solusi itu kepada orang lain.”, ujarnya.