UNIPMA Gelar Pelepasan dan Penerimaan Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) 

Kamis, 9 September 2021. Digelar secara online/daring, acara “Pelepasan dan Penerimaan Pertukaran Mahasiswa Merdeka” dilaksanakan pada Rabu, 8 September 2021. Acara tersebut dimulai pukul 07.30 WIB – 11.30 WIB melalui aplikasi Zoom Meeting.

Acara tersebut dibagi menjadi 4 sesi. Pertama, dimulai dengan Koordinasi Dosen. Dalam sesi ini ada kegiatan Penyampaian tugas, hak, serta kewajiban dosen luring, daring, dan modul nusantara yang disampaikan Agita Risma Nurhikmawati, S.Hum., M.A kemudian tambahan dari Wakil Rektor I, Dr. Dwi Setiyadi, MM tentang program perkuliahan yang diikuti mahasiswa PMM baik daring, luring, maupun kegiatan modul nusantara.

Dalam laporannya, Agita Risma Nurhikmawati, S.Hum., M.A selaku ketua panitia menuturkan bahwa mahasiswa outbound ada 66 mahasiswa dari Universitas PGRI Madiun, Mahasiwa Inbound Luring ada 57 mahasiswa dari Perguruan Tinggi lain, dan Mahasiwa Inbound Daring ada 413 mahasiswa dari Perguruan Tinggi lain.

Sedangkan, Wakil Rektor I Universitas PGRI Madiun mengatakan bahwa dengan kegiatan ini akan ada evaluasi ditingkat nasional. Hal ini semoga menjadikan Universitas PGRI Madiun menjadi lebih bagus dan lebih Jaya.

“Mohon proses pembelajaran diopeni dengan sebaik-baiknya, kesempatan ini menjadikan budaya berprestasi kita semakin bagus. Ini menjadikan Universitas PGRI Madiun semakin lebih baik lagi,” Pesan Wakil Rektor I.

Sesi Kedua, Ceremonial Pelepasan dan Penerimaan Mahasiswa. Dalam acara ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan laporan ketua panitia. Selanjutnya sambutan dari perwakilan Univeristas Mitra, Prof.Dr. H. Syafrinaldi SH., MCL Rektor Universitas Islam Riau. Kemudian sambutan dari Rektor Universitas PGRI Madiun, Prof. Dr. H. Parji, M.Pd.

Dalam sambutannya Prof. Parji mengatakan bahwa meskipun dalam situasi pandemi covid 19, kita bisa bertatap maya dalam program Pertukaran Mahasiswa Merdeka ini.

“Saya ucapkan terimakasih kepada Universitas Islam Riau telah mengirim 25 mahasiswa, ini termasuk delegasi terbanyak, dan juga terimakasih kepada mitra 22 PTN/PTS, mudah-mudahan jalinan silaturahmi ini pertanda baik bahwa membangun kualitas sumber daya  manusia di Indonesia bisa kita dilaksanakan secara kolaboratif, sinergi membangun bangsa ini melalui PMM. Selain itu juga meningkatkan wawasan kebangsaan, wawasan multikultural, supaya mahasiswa diseluruh tanah air, bisa berinteraksi dalam membangun ketangguhan pendidikan budaya. Di tengah situasi membutuhkan perhatian kita semua, program ini begitu baik dan menyentuh kita semua, supaya anak kita kedepan menjadi pemimpin calon SDM yang berkualitas dan paham wawasan nusantara” Ujarnya.

“Saya juga mengucapkan bagi mahasiwa Inbound selamat bergabung dengan Universitas PGRI Madiun dan semoga krasan, meskipun satu semester kami menganggap bagian keluarga Universitas PGRI Madiun, dan untuk mahasiwa Outbound saya ucapkan selamat belajar dan bertugas bisa beradaptasi dengan lingkungan baru, salah satu soft skill mahasiswa mampu beradaptasi dalam situasi apapun dan dimanapun, serta selalu menjaga nama baik almamater,” tambahnya.


Setelah ceremonial selesai acara dianjutkan dengan Pembekalan Mahasiswa Inbound Daring dan Luring, dan Pembekalan Mahasiswa Outbound oleh Panitia.