Dosen Unipma Gelar Sosialisasi Membentuk Keluarga Generasi Milenial yang Sehat, Harmonis dan Berkualitas di Masa Pandemi Covid19 

Sabtu, 17 Juli 2021. Tantangan masa pandemi covid19 membawa dampak sosial, ekonomi, kesehatan dan psikologi bagi semua orang. Kesiapan keluarga generasi milenial dalam menghadapi tantangan pandemi covid19 perlu didampingi. Generasi milenial adalah remaja usia 19-24 saat tahun ini adalah generasi yang memasuki masa dewasa awal. Generasi ini akan mengalami perubahan dari berbagai sisi berbagai perubahan baik hormonal, fisik, psikologis dan sosial. Generasi milenial saat ini tidak sedikit yang memilih untuk menikah muda. Hal ini tentu saja membawa tantangan tersendiri dalam memghadapi rumah tangga.

Pengetahuan tentang membentuk keluarga yang sehat dan harmonis sangatlah dibutuhkan bagi generasi milenial di masa awal pernikahan. Hal ini bertujuan untuk memberikan bekal kesiapan membina dan membentuk keluarga yang berkualitas. Kesiapan menikah dan membina rumah tangga merupakan aspek penting yang perlu diperhatikan oleh generasi milenial. Pernikahan dengan usia yang belum cukup atau pernikahan remaja cenderung memicu perceraian dalam rumah tangga.

Hal tersebut mendasari Linda Yuhanna dan Rischa Pramudia Trisnani untuk terjun langsung ke desa untuk memeberikan sosialisasi dan pendampingan bagi keluarga muda generasi milenial. Salah satu desa yang dikunjungi kedua dosen tersebut adalah Desa kerik. Kegiatan ini digelar pada hari Minggu tanggal 27 Juni 2021 dengan peserta sejumlah 20 orang pasangan muda. Acara ini sangat menarik karena dikemas dalam bentuk talkshow.

“Saya senang dengan materi Bu Rischa dan Bu Linda, sangat milenial dan mengerti perasaan pasangan yang baru menikah” ujar Tika salah satu peserta. Kegiatan ini merupakan salah satu aktivitas pengabdian masyarakat  kolaboratif dosen.

“Sharing ilmu dan talkshow berjalan interaktif, peserta sangat antusias untuk memberikan pandangannya tentang keluarga yang harmonis, sehat dan berkualitas” ungkap Rischa Pamudia selaku pemateri. Kegiatan ini juga melibatkan kader BKKBN dan perangkat Desa Kerik. Masyarakat berharap kegiatan ini kontinyu untuk dilakukan secara periodik. Harapannya semoga kegiatan ini memeberikan inspirasi bagi keluarga milenial dalam membangun geenerasi penerus bangsa yang berkualitas.