Memperingati HARDIKNAS dengan Mendorong Semangat Merdeka Belajar di Perguruan Tinggi  

Minggu, 2 Mei 2021. Setiap tanggal 2 Mei diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional. Hari Pendidikan Nasional adalah momen penting supaya kita semua dapat mengapresiasi setiap perjuangan yang sudah dilakukan berbagai pihak, baik dosen, mahasiswa, guru, maupun siswa untuk dapat terus mengembangkan pendidikan di Indonesia meski di tengah pandemic covid-19 seperti sekarang ini. Untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS) tahun 2021, Universitas PGRI Madiun tidak menggelar upacara bendera seperti tahun-tahun lalu.

Sesuai dengan tema Hari Pendidikan Nasional Tahun 2021 yakni “Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar”, melalui Merdeka Belajar program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud RI), Universitas PGRI Madiun memperingati HARDIKNAS dengan cara berupaya mendorong semangat mahasiswa dalam mendukung susksesnya program merdeka belajar. Di Perguruan Tinggi, Merdeka Belajar dimaksudkan untuk memberikan kebebasan kepada mahasiswa untuk memilih bidang sesuai yang mereka butuhkan. Dengan demikian diharapkan akan tercipta kultur belajar yang inovatif, tidak mengekang, dan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Mahasiswa diberikan kesempatan maksimal 40 sks untuk belajar dan berlatih di luar kampus, ditambah lagi 20 sks di luar prodi. Tentu hal ini sebagai upaya agar kurikulum kampus lebih dekat dan sesuai dengan standart dan kebutuhan user.

Artinya, mahasiswa tidak hanya unggul di sisi akademis nya saja melainkan juga bisa terampil dari sisi yang dibutuhkan pasar. Dengan ini cakupan pembelajaran di luar kampus yang dapat diakui sebagai kegiatan pembelajaran dan kebebasan mahasiswa dalam memilih bidang kegiatan yang diinginkan. Cara belajar melalui teknologi system PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) ini membuat mahasiswa tidak lagi dibatasi oleh ruang dan waktu dalam belajar. Mahasiswa bisa belajar kapan saja dimana saja dan dalam keadaan bagaimana saja. Bahkan dengan modal smartphone dan jaringan saja, mahasiswa dapat mengakses materi belajar yang sudah disiapkan.