Siap Bersaing Untuk Menjadi yang Terbaik, UNIPMA Bergerak Bersama Visi dan Misi Baru 

Mengingat Universitas PGRI Madiun adalah gabungan dari 3 PTS (IKIP PGRI MADIUN, STT DHARMA ISWARA, dan STIE DARMA ISWARA). Selasa, 30 Mei 2017 bertempat di Graha Cendekia, Rektor Universitas PGRI Madiun Dr. H. Parji., M.Pd. memaparkan Visi dan Misi Universitas PGRI Madiun. Acara yang dihadiri oleh seluruh pengajar di Universitas PGRI Madiun tersebut bertujuan memberikan wawasan apa dan bagaimana seharusnya Universitas PGRI Madiun.

Ada beberapa poin penting yang disampaikan diantaranya: menjadi perguruan tinggi kreatif dan inovatif melalui riset, menghasilkan lulusan sesuai harapan pelanggan dan dunia kerja, mengembangkan otomasi dalam layanan maupun tri darma, mengedepankan standar dan mutu pendidikan. Poin penting tersebut yang kelak akan menjadi pijakan berjalan Universitas PGRI Madiun untuk selalu meningkatkan mutu dan kualitas dalam dunia pendidikan.

Langkah awal yang ditempuh adalah strategi peningkatan SDM (tenaga pengajar). Peningkatan kualifikasi akademik pengajar dan percepatan jabatan akademik adalah hal yang selalu diupayakan. Dua hal tersebut akan meningkatkan produktifitas tenaga pengajar dalam penelitian dan riset. Selanjutnya, tenaga pengajar yang unggul akan menghasilkan mahasiswa yang unggul pula.

Untuk mahasiswa akan dikuatkan dengan orgamawa, kekuatan penalaran (PKM, LKTI, Olimpiade dll), layanan minat bakat dan layanan kesejahteraan (beasiswa dan hadiah). Terutama dalam bidang PKM, Universitas PGRI Madiun telah terbukti unggul di kancah nasional.

Selain dari sektor pengajar dan mahasiswa, peningkatan kerjasama dalam dan luar negeri haruslah ditingkatkan. Kerjasama tersebut bisa dijalin dengan instansi-instansi ataupun universitas-universitas baik di dalam ataupun luar negeri. Perluasan jaringan kerjasama akan semakin menunjukkan bahwa Universitas PGRI Madiun adalah salah satu universitas yang unggul dan berkompeten dalam memajukkan dunia pendidikan.

Susunan visi dan misi dan proses pencapaian tersebut dikemudian hari akan menjadikan Universitas PGRI Madiun sebagai universitas terbaik. Seperti disampaikan oleh Dr. H. Parji “Visi dan Misi ini diharapkan melanjutkan Universitas PGRI Madiun menjadi perguruan tinggi yang betul-betul unggul sesuai dengan predikat yang diterima sebagai lima besar PTS Utama di wilayah Jawa Timur. Selanjutnya, Universitas PGRI Madiun mampu mengepakan sayap menjadi universitas Unggul di tingkat nasional”