Peresmian Pusat Pelatihan Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (Bipa) Di Universitas PGRI Madiun 

Sebagai salah satu PTS unggul, Universitas PGRI Madiun telah meresmikan Pusat Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) pada tanggal 23 Mei 2017. Adapun tujuan dari dibentuknya BIPA Universitas PGRI Madiun adalah menyediakan fasilitas bagi calon pengajar Bahasa Indonesia yang ingin mengajar penutur asing. Selain itu, BIPA Universitas PGRI Madiun merupakan wadah bagi penutur asing untuk memperdalam kemampuan berbahasa Indonesia.

BIPA Universitas PGRI Madiun diresmikan oleh Wakil Rektor IV Dr. Bambang Eko Hari Cahyono. Melalui saambutannya, beliau berpesan bahwa hadirnya BIPA Universitas PGRI Madiun diharapkan mampu menjadikan Universitas PGRI Madiun sebagai pusat pelatihan dan pembelajaran BIPA di Jawa Timur Wilayah Barat.

Program pertama BIPA Universitas PGRI Madiun adalah diselenggarakannya Pelatihan Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing. Pelatihan tersebut diselenggarakan oleh Universitas PGRI Madiun bekerjasama dengan Afiliasi Pengajar dan Pegiat Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (APPBIPA) Jawa Timur . Pelatihan yang diikuti 35 peserta ini bertujuan meningkatkan SDM khususnya di Universitas PGRI Madiun supaya mampu mengajar Bahasa Indonesia kepada penutur asing.

Adapun sebagai pemateri dalam Pelatihan BIPA sesi bersemuka yang diadakan tanggal 23-24 Mei 2017 adalah Dr. Arif Budi Wurianto, M.Si ketua APPBIPA Jawa Timur. Pemateri memberikan bekal yang cukup bagi peserta untuk selanjutnya menjadi bekal dasar dalam pengajaran BIPA. Melalui tonggak utama ini pengajaran BIPA di Universitas PGRI Madiun diharapkan menjadi ciri khas Universitas PGRI Madiun sebagai universitas yang peduli dengan pengajaran Bahasa Indonesia.