38 Dosen DPL dan 494 Mahasiswa FKIP UNIPMA Ikuti Pembekalan PLP-1 dan Microteaching 

Sebanyak 38 Dosen DPL dan 494 Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas PGRI Madiun mengikuti pembekalan Program Lapangan Pendidikan 1 (PLP-1) dan Mickroteaching tahun akademik 2023/2024, di Graha Cendekia Universitas PGRI Madiun, Rabu,06/03/2024.

Sebelum diterjunkan ke tempat sekolah mitra, dosen DPL dan mahasiswa PLP-1 dibekali materi yang disampaikan oleh keempat narasumber yakni Dr. Tantri Mayasari, M.Pd, Samsul Arifin, M.Pd, Dr.Lingga Nico P.,M.Pd, dan Dr. Asroful Kadafi,M.Pd.

Dr. Tantri Mayasari, M.Pd memaparkan materi mengenai mekanisme PLP-1. Melalui mekanisme PLP-1, mahasiswa diperkenalkan proses jalannya rangkaian kegiatan yang akan ditempuh. Sementara itu, Samsul Arifin, M.Pd menyampaikan mekanisme Microteaching atau biasa yang disebut pembelajaran mikro. Sebuah model atau metode pelatihan keterampilan dasar mengajar guru yang dilakukan secara mikro atau disederhanakan, yaitu waktu, materi dan jumlah siswa.

Narasumber ketiga, Dr. Lingga Nico P.,M.Pd menyampaikan materi sistem PLP-1. Materi ini disampaikan berdasarkan Inti dari kegiatan PLP-1 adalah aktivitas observasi, analisis,kultur sekolah, manajemen sekolah, dan dinamika sekolah sebagai lembaga pengembang pendidikan.

Terakhir, Dr. Asroful Kadafi, M.Pd memberikan materi Etika dan Pencegahan Perundungan bagi mahasiswa. Materi ini disampaikan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada mahasiswa tentang bagaimana cara bersikap yang etis dan mencegah terjadingya perundungan di dunia akademik. Tujuannya untuk dapat menciptakan lingkungan yang sehat dan aman bagi seluruh pihak.

Ketua pelaksana kegiatan, ibu Asri Musandi Waraulia, S. Pd., M. Pd dalam laporannya menyampaikan berberapa hal dan teknis yang perlu dipersiapkan mahasiswa. Beliau juga menambahkan sebelum menggelar Pembekalan PLP-1 dan Microteaching ini pihak Unit Praktik Pengalaman Lapangan dan Magang (UPPLM) telah melaksanakan Persamaan Persepsi serta MoU bersama sekolah mitra.

Penyelenggaraan PLP-1 terbagi menjadi kelompok dan tersebar di 28 sekolah mitra kerjasama dengan Universitas PGRI Madiun. Sekolah mitra tersebut berlokasi di wilayah Kota dan Kabupaten Madiun.