Dies Natalis ke-7 FKIP UNIPMA : Teknologi Untuk Transformasi Pendidikan di Era Digital 

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas PGRI Madiun menggelar puncak perayaan dies natalis ke-07 yang berlangsung di Graha Cendekia Universitas PGRI Madiun, Selasa, 05/03/2024. Acara ini bertajuk “Teknologi Untuk Transformasi Pendidikan di Era Digital” ini juga disiarkan secara langsung di Youtube FKIP Universitas PGRI Madiun.

Ketua panitia dies natalis FKIP Universitas PGRI Madiun, Ramadhan Prasetya Wibawa, M.Pd menyampaikan bahwa rangkaian dies natalis FKIP ke-07 dimulai dengan gelar Lomba Inovasi produk P5 tingkat Nasional pada 18 Januari 2024, Lomba media pembelajaran berbasis inovasi tingkat Nasional pada 25 Januari 2024, Lomba budaya 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rajin dan Rawat), Dekan Cup  pada 16-17 Februari 2024, dan puncak Dies Natalis pada 05 Maret 2024.

Ibu Dr. Rosita Ambarwati, SS., M.Pd Wakil Dekan Bidang II Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan memberikan sambutan. Beliau menyampaikan bahwa acara Dies Natalis ke-07 FKIP Universitas PGRI Madiun merupakan wujud transformasi pendidikan di era digital. Beragam kegiatan telah terlaksana sesuai tema yang diusung untuk mendukung pencapaian visi dan misi Fakultas. “Acara perayaan puncak Dies Natalis ini adalah wujud rasa syukur atas capaian FKIP, baik dalam kegiatan berskala Nasional maupun Internasional.” Ujar Dr. Rosita Ambarwati, SS., M.Pd, Selasa, 05/03/2024, kemarin.

Perayaan puncak Dies Natalis ke-07 FKIP Universitas PGRI Madiun juga menghadirkan sesi talkshow dengan narasumber Dr. Eric Kunto Aribowo, S.S.,M.A dari Universitas Widya Dharma Klaten dengan tema “Inovasi Pembelajaran Berbasis Artificial Intelligence (AI)”. Tema ini diambil untuk lebih membuka wawasan dosen dan mahasiswa dalam memanfaatkan serta mengembangkan teknologi pembelajaran.

Dalam sesi talkshow ini, Dr. Eric Kunto Aribowo, S.S.,M.A mengatakan bahwa pengambilan tema maupun materi ini untuk memadukan AI dalam pembelajaran bagi generasi Z saat ini. Hal-hal tersebut untuk memberikan edukasi bagaimana kegunaan AI sebenarnya, agar tidak dipersalahgunakan.

Acara juga turut dihadiri oleh Dosen Universitas PGRI Madiun, Mahasiswa FKIP Universitas PGRI Madiun, Mahasiswa ICT dari Filipina, Guru SMA/SMK, Perwakilan pemenang lomba dari SMA/SMK, dan  Perguruan Tinggi lain. Selama kegiatan berlangsung, tim panitia menghadirkan penampilan seperti pentas seni, pameran media, dan entrepreneurship. Tujuannya untuk memberikan edukasi dan meningkatkan kreativitas, sehingga memberikan hasil inovasi dan wujud apresiasi FKIP Universitas PGRI Madiun bagi mahasiswa yang selama ini menghasilkan Produk Media Pembelajaran maupun  Produk Kewirausahaan untuk  dilihat serta dinikmati pengunjung.

Salah satu kado terindah yang diterima FKIP Universitas PGRI Madiun pada peringatan dies natalis ini adalah bertambahnya 1 program studi baru yaitu Prodi Pendidikan IPA. Sehingga FKIP mempunyai 15 program studi yang meliputi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Guru Anak Usia Dini, Bimbingan Konseling, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Akuntansi, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, dan Pendidikan Teknik Elektro.