Prodi BK UNIPMA Melakukan Kunjungan KKL di Rumah Sakit Jiwa Menur Surabaya ` 

Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling (BK) Universitas PGRI Madiun (Universitas PGRI Madiun) mengadakan kunjungan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) di Rumah Sakit Jiwa Menur, Surabaya. Acara ini diadakan untuk meningkatkan pemahaman ilmu mata kuliah Kesehatan Mental.

Kegiatan KKL ini diikuti sekitar 150 mahasiswa dari Prodi BK dipandu oleh Pimpinan RSJ Menur Surabaya, Bapak Iskandar dan Dosen BK Universitas PGRI Madiun, Dr. Asroful Kadafi, M.Pd. Peserta KKL menerima materi psikologi dari pihak Rumah Sakit Jiwa Menur dan  berkemsepatan untuk berkomunikasi dengan pihak rumah sakit serta pasien yang sudah dinyatakan hampir sembuh.

Dalam kunjungan ini, mahasiswa diberikan kesempatan bertanya kepada pasien yang dirawat di Rumah Sakit Jiwa Menur Surabaya, serta pelayanan petugas keperawatan. Hal ini dinilai penting untuk bertukar ilmu dalam menghadapi permasalahan saat menjalani profesi sebagai konselor.

Ketua Pelaksana Kegiatan, Aini Meidi Rahmawati melaporkan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari program perkuliahan nyata yang diperlukan bagi mahasiswa Bimbingan Konseling. “Kegiatan KKL ini merupakan ilmu secara langsung didapatkan dari ahli. Maka sangat diharapkan setelah KKL ini mahasiswa Prodi Bimbingan Konseling tidak hanya berfokus di bidang akademik saja, melainkan harus peduli di ranah sosial juga”. Ujar Aini. Rabu, 15/11/2023.

Rumah Sakit Jiwa Menur Surabaya menyambut baik kegiatan ini dan berharap mampu mengedukasi Universitas lain agar bias berkunjung dan berbagi pengalaman. Kedua belah pihak sepakat bahwa pengalaman dan pengetahuan yang didapatkan dari kegiatan KKL dapat bermanfaat dalam mempersiapkan mahasiswa BK Universitas PGRI Madiun untuk menjadi tenaga professional yang smart, handal di bidang bimbingan dan konseling.

“Kunjungan KKL Program Studi Bimbingan Konseling Universitas PGRI Madiun ini merupakan pertama kalinya, biasanya yang datang adalah mahasiswa praktik dari Fakultas Kesehatan saja”. Tutup Bapak Iskandar.