Melalui Pelatihan BIPA UNIPMA, 2 Mahasiswa ISAT-U Filipina Diajarkan Mengenal Bahasa dan Budaya Indonesia  

Program pelatihan Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) untuk mahasiswa ICT dari Iloilo Sceince and Technology University, (ISAT-U) Philippines  baru saja terlaksana. Tidak hanya belajar bahasa, mahasiswa juga berkesempatan mengenal budaya Indonesia secara langsung melalui kegiatan membatik di Batik Candi mulyo Dolopo Madiun, mengenal seni Dongkrek di Kabupaten Madiun, dan menikmati keberagaraman wisata dan budaya di Yogyakarta.

Pelatihan ini bertujuan mengenalkan 2 mahasiswa asing dari Universitas ISAT-U Filipina pada bahasa Indonesia yang meliputi perkenalan, filosofi bendera merah putih, burung garuda, dan  kosa kata sederhana. Kedua mahasiswa tersebut bernama Greg Salvador Abanag (Bachelor of Secondary Education Major in English) dan Xandrix Matandac (Bachelor of Secondary Education Major in English).

Pelatihan ini diharapkan dapat mengenalkan bahasa, budaya, dan wisata di Indonesia kepada mahasiswa asing sehingga dapat dijadikan sarana mempromosikan Indonesia. “pengalaman yang mereka dapatkan nantinya akan berdampak baik bagi Indonesia. Hal ini akan bisa menaikan nilai Indonesia di ranah internasional”. Ujar ibu Devi Cintia Kasimbara, S.Pd.,M.A.,. Sabtu, 25/11/2023.

Pelatihan BIPA ini diadakan dibawah naungan Biro Kerjasama dan Humas Universitas PGRI Madiun. Program terlaksananya  tanggal 17 November - 06 Desember 2023. Ibu Devi Cintia selaku pelaksananya mengaku sangat setuju bila program pelatihan BIPA ini bisa berkelanjutan sebab dapat memberikan manfaat nyata bagi mahasiswa asing yang ingin belajar tentang Indonesia.