Program Studi Pendidikan Biologi UNIPMA Adakan Guest Lecture Exploring Animal and Niche 

Program Studi Pendidikan Biologi Universitas PGRI Madiun (Universitas PGRI Madiun) mengadakan kuliah tamu bersama Prof. Alice T. Rivera dari Neust Filipina, pada Selasa 2023.

Kegiatan yang dilaksanakan di Kampus 1 Universitas PGRI Madiun tersebut menggusung tema “Exploring Animal Habitat and Niche”.

Prof. Alice T. Rivera menyampaikan materi pertama mengenai Exploring Animal Habitat, artinya menjelajahi habitat hewan. Materi ini tentang pengamatan lingkungan tempat tinggal beragam spesies satwa. Hal ini bisa dilakukan untuk tujuan pendidikan, penelitian atau kesenangan belajar mengenai kehidupan satwa.

Habitat hewan bervariasi, dari mulai hutan hujan, padang rumput, gurun, maupun lautan. Dalam menjelajahi habitat satwa, sangat penting untuk menghormati kehidupan mereka dan memastikan tidak menganggu keseimbangan ekosistem.

Sedangkan Niche artinya ceruk satwa ialah istilah yang digunakan untuk menjelaskan peran spesifik yang dimainkan oleh spesies satwa tertentu dalam suatu ekosistem. Ini mencangkup bagaimana hewan tersebut berinteraksi dengan lingkungannya, sumber makanan yang dikonsumsi, cara berkembang biak, serta cara adaptasi.

Ceruk satwa merupakan konsep penting dalam ekologi karena membantu memahami bagaimana spesies saling bergantung satu sama lain dan keseimbangan dalam ekosistem. Dengan memahami ceruk satwa maka akan lebih memahami hubungan organisme dan menjaga keanekaragaman hayati bumi.

Jadi konsep dari Exploring Animal Habitat and Niche ialah mendapat pembelajaran penting dalam menjaga habitat agar biodiversitas selalu terjaga dan tetap lestari. Manfaat dari Guest Lecture yang kebetulan mata kuliah ibu Nurul Kusuma Dewi, S.Si,.M.Sc ialah mahasiswa mendapatkan materi baru di bidang ekologi satwa dan mengetahui habitatnya.