Program Studi Farmasi UNIPMA Adakan Guest Lecture Phytochemistry and Complementary Medicines 

Program Studi Farmasi Universitas PGRI Madiun (Universitas PGRI Madiun) mengadakan kuliah tamu bersama Prof. Alice T.Rivera dari Neust Filipina, pada Senin 16 Oktober 2023.

Kegiatan yang dilaksanakan di Lab Terpadu Universitas PGRI Madiun tersebut mengusung tema “Phytochemistry and Complementary Medicines”.

Prof. Alice T.Rivera menyampaikan tentang serangkaian metode Fitokimia untuk mengindentifikasi senyawa kimia yang berasal dari tanaman atau bahan alam. Sebab, indentifikasi senyawa kimia tanaman sangat penting dalam pengembangan obat berbahan dasar herbal.

Sedangkan untuk Complementary Medicines ialah terapi komplementer yang dikenal dengan terapi tradisional, sehingga penggabungan dalam obat modern dengan tujuan membantu proses penyembuhan dan meningkatkan imunitas tubuh.  

Jadi konsep dari Phytochemistry and Complementary Medicines ialah sebagai terapi pengobatan tradisional dengan gabungan pengobatan modern. Bahan dasar seperti daun lugandi, yang merupakan tanaman herbal dari Filipina untuk pengobatan batuk.  Sebab, gambaran mengenai golongan senyawa terkandung dalam tanaman itu. Kemudian posedur juga tercatat mendapatkan metabolit sekunder.

Terapi komplementer atau tradisional dapat berupa promosi kesehatan, pencegahan penyakit dan rehabilitas. Bentuk promosi kesehatan ini meliputi memperbaiki gaya hidup dengan terapi nutrisi. Sebab, nutrisi sehat dapat membuat kesehatan meningkat dan menjadi seimbang.  

Inti dari kedua tema yang dibawakan oleh Prof. Alice T. Rivera dari Neust Filipina ialah bahwa daun legundi efektif untuk pengobatan seseorang yang mengalami batuk dengan efek samping minim bahkan tidak ada.

Bisa dijelaskan Guest Lecture Program Studi Farmasi ini memberikan pembelajaran untuk mahasiswa mengenai proses pengolahan tanaman herbal khususnya daun legundi dengan aneka ragam. Sehingga tanaman herbal tersebut bisa menjadi alternative untuk pengobatan.