Pengabdian Masyarakat, Dosen Pg Paud Unipma Berikan Pelatihan Manajemen Menuju Sekolah Ramah Anak Di Lembaga Paud  

Saat ini Sekolah Ramah Anak (SRA) sedang digalakkan diseluruh lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di kabupaten Madiun. Salah satu Lembaga PAUD yang mendapatkan SK sebagai Sekolah Ramah Anak adalah TK IT Nur Al Izhar. Mewujudkan Sekolah Ramah Anak, TK IT Nur Al Izhar yang terletak di kebonsari Kabupaten Madiun masih mengalami kendala terutama pada  manajemen menuju Sekolah Ramah Anak.

Berkaitan dengan hal tersebut PG PAUD Universitas PGRI Madiun melalui program pengabdian pada masyarakat atau ABDIMAS bermitra dengan TK IT Nur Al Izhar memberikan pelatihan manajemen menuju sekolah ramah anak. Pelatihan yang dikemas dalam program ABDIMAS ini selenggarakan pada bulan Mei sampai Agustus 2023.

ABDIMAS PG PAUD Universitas PGRI Madiun yang berupa pelatihan manajemen menuju sekolah ramah anak (SRA) terdiri dari materi Sekolah Ramah Anak untuk menyamakan persepsi antara orangtua dan sekolah secara utuh tentang konsep SRA, dan pelatihan guru tentang manajemen menyusun konsep perencanaan menuju SRA. Pelatihan ini dikemas dalam parenting, diskusi dan pelatihan manajemen secara bertahap.

Tim ABDIMAS PAG PAUD Universitas PGRI Madiun ini terdiri dari Dosen dan Mahasiswa PG PAUD yaitu  Dr. Alisa Alfina, M.Pd, Sofia Nur Afifah, M.Pd, dan Dr Rosyida Nurul Anwar, M.Pd.I beserta dua mahasiswa PG PAUD yakni Nur Vita Sari Eka Ramadhani serta Renita Luthfiani Putri.  ABDIMAS ini merupakan saah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi berupa program Hilisasi Penelitian (PPHD).

Pendapat dari orangtua siswa saat diwawancara mengatakan bahwa senang dengan program ini dan harapannya parenting seperti ini lebih sering dilakukan Karena ini memberikan banyak hal positif bagi mereka dalam mendidik anak yang ramah. Sedangkan kepala sekolah TK IT Nur Al Izhar yaitu Ika Sri Wahyuni, S.Pd mengatakan semangat dan senang sekali dengan adanya program ABDIMAS ini.

Kepala Sekolah TK IT Nur Al Izhar selanjutanya yang menggantikan kepala sekolah sebelumnya karena sudah selesai masa tugasnya, yaitu ibu Kusnil Masrurah, S.Pd mengatakan bahwa dengan adanya ABDIMAS, ini membuat mereka merasa lebih percaya diri dalam mewujudkan SRA. Karena sebelumnya mereka merasa bimbang dengan SRA, tidak tahu apa yng harus dilakukan setelah mendapatkan SK SRA. Mereka merasa yakin kedepannya secara bertahap bisa mewujudkan SRA sesuai dengan diharapkan.