Universitas PGRI Madiun Selengarakan KMD Untuk Mahasiswa PPG Prajabatan 

Sebanyak 222 mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 1 dan Gelombang 2 Universitas PGRI Madiun, mengikuti kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD). Dalam Kursus ini para peserta dibagi menjadi 3 golongan, Calon Pembina Siaga, Calon Pembina Penggalang dan Calon Pembina Penegak. Pembagian kelompok ini didasarkan pada pilihan perserta menyesuaikan dengan jenjang pendidikan profesi yang ditempuh.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 6 hari, dimulai tanggal 24 dan berakhir 29 Agustus 2023. Kegiatan dalam bentuk perkemahan ini bertempat pada Gor Universitas PGRI Madiun, Kampus 1, Lab Terpadu, Praktek di MAN 2 Madiun, SMKN 2 Madiun, SMAN 6 Madiun, SMPN 10 Madiun, SMPN 14 Madiun, SDN Klegen 02 Madiun, dan SDN Manisrejo 03 Madiun.

Kegiatan ini merupakan pelaksanaan ke-3 ditahun 2023 sebagai bentuk implementasi kerjasama Universitas PGRI Madiun dengan Kwarcab Kota Madiun. Kegiatan  KMD ini dilaporkan oleh ketua panitia, Andista Candra Yusro, S.PD., M.PD. dengan tujuan “Memberikan bekal keterampilan dan pengetahuan kepramukaan bagi calon guru professional (PPG), guna mengimplementasi Pramuka sebagai ekstrakulikuler wajib di sekolah.” Ujar Kak , Andista Candra Yusro, S.Pd., M.Pd.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Ka Kwarcab Kota Madiun, Kak Suyoto dan Rektor Universitas PGRI Madiun, Dr. Supri Wahyudi Utomo, M.Pd serta unsur pimpinan Dr. Elva Nuraina, M.Si dan Dr. Marheny Lukitasari, M.Pd selaku Majelis Pembimbing Gugusdepan.

Dalam kesempatan kali ini, kegiatan KMD dibuka oleh Ka Kwarcab Kota Madiun, Kak Suyoto. Beliau menyampaikan sebuah pesan bagi peserta, setelah mengikuti KMD dengan baik dan dinyatakan lulus 100 persen maka para mahasiswa dinyatakan siap menjadi Pembina Pramuka yang professional dan berkarakter.

Harapannya setelah kegiatan KMD ini para alumni mahasiswa PPG mampu menjadi Pembina Pramuka yang Profesional dan Berkarakter serta siap sedia membina generasi muda di gugusdepan  sekolah yang dia tempati untuk mengabdi.