Universitas PGRI Madiun Gelar Training of Trainer Program RPL 

Dalam upaya menghadapi perubahan di dunia pendidikan, Universitas PGRI Madiun menggelar training of trainer (ToT) program asesor rekognisi pembelajaran (RPL) Tipe A, Senin 28 Agustus 2023. Acara digelar di Hotel Amaris Madiun.

Rektor Universitas PGRI Madiun, Dr. Supri Wahyudi Utomo, M.Pd secara langsung membuka pelatihan tersebut. ToT menghadirkan narasumber Unggul Wasiwitono, ST.,M.Eng.Sc.,Dr-Eng. Peserta ToT program RPL adalah para sivitas akademikan dan stakeholder Universitas PGRI Madiun.

Tujuan Training of Trainer (ToT) Program RPL ini berdasarkan Kemendikbudristek Nomor 41 Tahun 2021 tentang Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) yakni memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi setiap individu dalam menempuh pendidikan formal, non formal, dan informal melalui fasilitas pembelajaran sepanjang hayat dan memberikan kesempatan penyetaraan terhadap kualifikasi tertentu.

Universitas PGRI Madiun menyelenggarakan RPL ini adalah memberikan kesempatan terhadap masyarakat untuk dapat melanjutkan pendidikan formal ke jenjang yang lebih tinggi, hingga akhirnya adalah pemberian bukti hasil ijazah. Pembelajaran atau pengalaman masa lampau  diakui dapat berasal dari pendidikan formal lain yang diperoleh dari sebuah perguruan tinggi, berasal dari pendidikan non formal, informal dan dari pengalaman kerja (Tipe A)

Dengan RPL, Universitas PGRI Madiun memberikan kesempatan pada calon mahasiswa mengakses pendidikan tinggi. Sosialisasi program RPL ini mampu memberikan pemahaman yang mendalam mengenai persyaratan dan manfaat program tersebut.

Pelatihan ini akan memberikan sosialisasi dan pendampingan asesor RPL, sehingga mereka akan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang sangat diperlukan.