Literasi Digital Dosen Teknik Informatika UNIPMA di Desa Kajang Madiun 

Era revolusi indistri 4.0 dan society 5.0 menuntut semua orang akrab dengan teknologi tidak terkecuali lembaga pemerintah desa. Pemanfaatan teknologi  komputer di kalangan lembaga pemerintah desa menjadi sebuah tuntutan. Hal tersebut dikarenakan hampir semua kegiatan yang dilakukan harus melalui pengajuan proposal dan membuat pertangungjawaba dengan memanfaatkan fasilitas computer.

Kondisi tersebut mendorong dosen Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat  untuk mengenalkan computer bagi anggota lembaga desa di desa Kajang. Anggota lembaga desa  yang pada umumnya ibu rumah tangga. Peserta perwakilan dari lembaga desa yang ikut diantaranya BPD, PKK, LPKMD, dan karang taruna. Pelaksanaan kegiatan pelatihan di Balai pertemuan desa Kajang pada hari Selasa, 24/05/2022.

“Kami sangat senang ketika Bapak/Ibu dari Informatika bersedia melaksanakan kegiatan pelatihan di sini, kami sangat butuh tambahan pengetahuan terkait IT dan kami bingung, makanya kami mulai dari pelatihan ini dan berlanjut ke pelatihan lain. Jadi Kalau ada kebutuhan apapun bisa sendiri.” Ujar Samini, selaku staf umum Desa Kajang,  

Penanggungjawab kegiatan, Sri Anardani, S.Kom., MT. mengatakan bahwa para peserta dikenalkan penggunaan microsoft office. “Hari ini, kita ajari mulai dari yang paling mudah dulu, manajemen file, office, dan akan dilanjutkan ke aplikasi yang lain seperti excel, corel, video, dan sebagainya sesuai kebutuhan desa. Pelatihan ini menjadi awal sekaligus pembuka karena karena ada rangkaian kegiatan berikutnya,” paparnya.

Dalam pelatihan ini, ibu-ibu perwakilan dari lambaga desa cukup antusias mengikuti pelatihan, terbukti dari keseriusan mengerjakan latihan yang diberikan. Mereka berusaha untuk dapat mengerjakan latihan disetiap jenis materi.