Tumbuhkan Jiwa Entrepreneurship, UNIPMA Gelar Webinar Bertema Mempersiapkan Generasi Entrepreneurship 

Kamis, 4 November 2021. Entrepreneurship sangat berperan penting dalam perkembangan perekonomian. Entrepreneurship atau kewirausahaan adalah suatu keberanian untuk melakukan upaya-upaya memenuhi kebutuhan hidup yang dilakukan oleh seseorang atas dasar kemauan, dengan cara memanfaatkan segala potensi yang dimiliki untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya dan orang lain. Keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi seorang entrepreneur sukses adalah inovasi dan kemampuan untuk membuat ide baru yang kreatif.

Mengenai hal tersebut, Universitas PGRI Madiun melalui Kaprodi Fakultas Ekonomi dan Bisnis mencoba menanggapi peluang tersebut dengan menggali lebih dalam akan pentingnya menumbuhkan dan mengembangkan jiwa entrepreneurship atau kewirausahaan pada generasi muda khususnya pada kalangan mahasiswa dengan menggelar “Webinar” yang bertajuk “Mempersiapkan Generasi Entrepreneurship  menuju Indonesia Tangguh”. Webinar tersebut dilaksanakan Senin, 25 Oktober 2021 melalui zoom meeting dan live youtub Universitas PGRI Madiun.

Dalam Webinar tersebut menghadirkan 4 Narasumber yang luar biasa diantaranya, Karuniawati hasanah, S.E., MM., M. Agus Sudrajat, S.E., M.Si., Heny Sidanti, SE., MM., dan Dra. Juli Murwani, M.Si.

Salah satu Materi dari narasumber Dra. Juli Murwani, M.Si., yaitu berjudul Meningkatkan Jiwa Kewirausahaan Mahasiswa dalam Mendukung Pertumbuhan UMKM Indonesia.

Beliau mengatakan bahwa Wirausaha dapat menjadi alternatif sekaligus solusi untuk menekan angka pengangguran yang ada di Indonesia. Karena pengangguran pada usia produktif saat ini begitu banyak, kemungkinan besar hal ini terjadi karena lapangan pekerjaan yang tersedia semakin sedikit. Beberapa keuntungan yang akan diperoleh dengan menjadi seorang wirausahawan, diantaranya yaitu akan mendapat keuntungan dari pekerjaannya, semakin mengasah soft skill yang dimiliki, banyak pengalaman yang akan didapatkan dalam bekerja, kita juga sekaligus dapat belajar untuk mengenali passion/ keinginan diri.

“Semoga mahasiswa Indonesia mampu berkembang dan menjadi pengusaha muda yang kreatif dan mampu survive di masa pandemic covid-19 dan mampu meningkatkan pertumbuhan UMKM di Indonesia”,ujarnya mengakhiri.