Kreatif-Produktif, TIM PKM-K UNIPMA Membuat Konsep Kafe 3in1 Maco (Kuliner Shoping, dan Edukasi) 

Kamis, 2 September 2021. PKM-Kewirausahaan merupakan program pengembangan keterampilan mahasiswa dalam berwirausaha dan berorientasi pada profit. Komoditas usaha yang dihasilkan dapat berupa barang atau jasa yang selanjutnya merupakan salah satu modal dasar mahasiswa berwirausaha dan memasuki pasar. Jadi pemeran utama berwirausaha dalam hal ini adalah mahasiswa, bukan masyarakat, ataupun mitra lainnya.

Seperti halnya makanan berbahan dasar cokelat tentu sangat diminati oleh kalangan muda zaman sekarang. Tim Program Kreativitas Mahasiswa-Kewirausahaan Universitas PGRI Madiun yang diketuai oleh Lavenia Pratiwiningtyas, yang beranggotakan Muhamad Asnul Hidayah, dan Yusuf Bachtiar dengan judul “Kafe 3in1 Maco (Madiun Coklat) Kuliner Shoping, dan Edukasi berkesempatan mengembangkan sebuah produk makanan cokelat yang berada di kawasan Kecamatan Bodag, Kare, Kabupaten Madiun.  

PKM-K yang lolos didanai Dikti tersebut dibimbing oleh Prima Utama Wardoyo Putro, S.E.,M.M. Kegiatan tersebut berlokasi di Rumah Cokelat Bodag, Di Jl. Raya Kresek, Kembang-Kuning, Bolo, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun. Salah satu kegiatan PKM-K tersebut yaitu Pembangunan Kafe 3in1 Maco yang berkerja sama dengan Rumah Coklat Bodag.

Dalam pembangunan tersebut, Kafe 3in1 Maco mempunyai konsep (Kuliner, Shopping, dan Edukasi). Tim PKM-K Universitas PGRI Madiun juga membantu Pemasaran/Penjualan produk Cokelat dari Kafe 3in1 Maco secara online dan offline. Online melalui Shopee, Tokopedia, dan sosial media lainnya. Sedangkan Offline dijual di Wilayah Kota Madiun dan di Taman Lalu Lintas Kota Madiun.

Muhamad Asnul Hidayah, salah satu tim PKM-K, menjelaskan Produksi pembuatan cokelat ini dilakukan di Kafe 3in1 Maco yang bermitra dengan Rumah Coklat Bodag. Adapun Produk yang dihasilkan Kafe 3in1 Maco yaitu permen cokelat dan brownis Madcho.

Kreativitas Mahasiswa ini juga terdapat pembelajaran yang dikembangkan diantaranya menanam tanaman kakao, membuat banner pengolahan cokelat, dan persebaran kakao. Selain itu Tim PKM-K juga melakukan edukasi secara langsung kepada pengunjung di Offline Store Kafe 3in1 Maco yang bermitra dengan Rumah Coklat Bodag.

“Tidak hanya itu Kafe 3in1 Maco juga membuat lukisan murral, spot selfi yang eco friendly dari bambu. Serta membuat hampers yang berisi Cokelat Madcho (utama) dan produk UMKM Desa Bodag”. tambah Asnul, anggota PKM-K Universitas PGRI Madiun.

Harapannya semoga PKM-K Universitas PGRI Madiun Kafe 3in1 Maco berkonsep (Kuliner Shoping, dan Edukasi) ini menjadi salah satu modal besar dan inspirasi mahasiswa lainnya untuk berwirausaha.