Membangun Ekonomi Kreatif Desa Hargomulyo Melalui Terrarium Art Souvenir  

Kamis, 15 Juli 2021. Tim Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat (PKMPM) Universitas PGRI Madiun mengadakan kegiatan pelatihan pembuatan Terarium Art Souvenir di Desa Hargomulyo, Kecamatan Ngrambe, Kabupaten Ngawi pada Kamis (24/06/2021). Kegiatan ini merupakan kegiatan hirilisasi pengembangan produk tanaman hias modern yang dikembangkan di kampus. Kegiatan ini disupport dana dari belmawa Kemdikbudristek tahun 2021.

“Objek wisata sepi pengunjung dan ekonomi masyarakat sekitar mulai melemah” ujar Susilo Kepala Desa Hargomulyo. Selama PPKM, kegiatan karang taruna dan pokdarwis banyak yang tidak aktif. Hal tersebut memicu tim PKMPM yang motori oleh maratul azizah, idzan dan mutia untuk menggiatkan Kembali aktivitas masyarakat dalam membangun ekonomi kreatif berbasis tanaman hias. Tim PKMPM rela menempuh perjalanan sejah 53 km dengan track pegunungan untuk concern dalam penguatan skill dan ekonomi masyaralkat desa Hargomulyo

Tanaman hias dan konsep urban garden saat ini menjadi hobi dan lifestyle baru bagi masyarakat. Peluang dan potensi ini harus direspon sebagai salah satu alternatif bisnis prospektif di masa pandemi. Tim PKMPM memberikan pelatihan pembuatan Terarium Art Souvenir bagi masyarakat Desa Hargomulyo. Terrarium adalah seni menanam bunga di dalam botol kaca dengan media tanam tanah, pasir, kerikil dan lumut. Terrarium saat ini sangat diminati oleh pecinta tanaman hias seperti kaktus, sukulen dan tanaman lainnya. “Produk ini sangat unik dan potensial ditengah tren tanaman hias yang semakin meningkat” ujar Linda selaku dosen pendamping PKMPM.

Pelatihan ini di hadiri oleh 20 orang karang taruna dan ibu-ibu sekitar objek wisata Suwono Park dan Air Terjun Pengantin. Pelatihan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan selama pandemi dengan ketat. Pengembangan ekonomi kreatif dalam membuat terrarium di desa hargomulyo ini diharapkan mampu menggiatkan kembali ekonomi masyarakat di masa pandemi.