MENDUKUNG KEMAJUAN PENDIDIKAN NASIONAL IKIP PGRI MADIUN MENYERAHKAN BEASISWA BIDIKMISI DAN BEASISWA BEBAS SPP 

Sebagai salah satu perguruan tinggi swasta unggul di Jawa Timur, IKIP PGRI MADIUN memberikan kesempatan putra bangsa untuk kuliah dengan memberikan beasiswa. Adapun beasiswa yang disediakan oleh IKIP PGRI Madiun terdiri dari beasiswa BIDIKMISI dan beasiswa BEBAS SPP. Beasiswa BIDIKMISI ini diberikan kepada calon mahasiswa baru telah mendaftarkan diri kemudian lolos seleksi dan verifikasi Dirjen Dikti. Verifikasi tersebut dilanjutkan dengan peninjauan ke tempat tinggal masing-masing calon penerima beasiswa BIDIKMISI. Jumlah pendaftar beasiswa BIDIKMISI di IKIP PGRI Madiun tercatat 28 mahasiswa dan sesuai peraturan dikti, IKIP PGRI MADIUN hanya terdapat 5 kuota  Fasilitas yang diterima oleh mahasiswa penerimana beasiswa BIDIKMISI adalah seluruh biaya kuliah dan biaya hidup ditanggung oleh negara.

Selain beasiswa BIDIKMISI, IKIP PGRI MADIUN juga menyediakan beasiswa BEBAS SPP. Beasiswa BEBAS SPP merupakan beasiswa yang diberikan pada calon mahasiswa dimana dibebankan biaya kuliah dengan nominal rendah. Sistem seleksi penerimaan beasiswa BEBAS SPP hampir sama dengan sistem penerimaan beasiswa BIDIKMISI dimana terdapat pendaftaran dan verifikasi yang dilakukan oleh tim. Tim ini kemudian memutuskan siapa calon mahasiswa penerima beasiswa BEBAS SPP. Tim seleksi penerima beasiswa BEBAS SPP memutuskan sembilan mahasiswa berhak untuk menerima beasiswa BEBAS SPP.

Penyerahan beasiswa dilakukan oleh ketua PPLPT  IKIP PGRI MADIUN, Bapak Drs. H. Imam Sujudi, pada hari Kamis, 20 Agustus 2015 di ruang pertemuan 1 lantai 2 kampus IKIP PGRI MADIUN. Penyerahan beasiswa untuk 14 calon mahasiswa ini dimulai pada pukul 09.00 hingga berakhir pada pukul 11.00 WIB. Acara penyerahan beasiswa tersebut dihadiri oleh  perwakilan sekolah, orang tua serta mahasiswa penerima beasiswa.

Tujuan diadakan beasiswa BIDIKMISI ini yaitu untuk menyaring bibit- bibit unggul untuk masuk di perguruan tinggi, dan juga memfasilitasi mahasiswa dari keluarga yang tidak mampu untuk diberi kesempatan menimba ilmu di IKIP PGRI MADIUN. Seperti yang disampaikan Bapak Drs. H. Imam Sujudi dalam sambutanya, beliau mengucapkan terimakasih kepada calon mahasiswa yang telah terpilih dalam seleksi beasiswa tersebut. Selain itu beliau juga mengatakan “Harus tetap berprestasi dan meningkatkan kualitas untuk memajukan almamater kita tercinta dan terus mengembangkan dan memperkenalkan IKIP PGRI MADIUN kepada sekolah, keluarga, dan sebagainya untuk bergabung di IKIP PGRI MADIUN”.