ORASI ILMIAH DIES NATALIS IKIP PGRI MADIUN KE-40 

Orasi Ilmiah sebagai salah satu kegiatan dalam Dies Natalis IKIP PGRI MADIUN ke 40 sukses dilaksanakan pada Sabtu, 6 Juni 2015 bertempat di Graha Cendekia IKIP PGRI MADIUN. Kegiatan ini dihadiri oleh dosen dan karyawan IKIP PGRI MADIUN, tamu dari perguruan tinggi di sekitar Madiun, dan delegasi-delegasi orgamawa.

Pembicara dalam acara orasi ilmiah kali ini adalah Prof. Dr. Sudarwan Danim. Beliau merupakan salah satu Guru Besar Universitas Bengkulu, Ketua PGRI Provinsi Bengkulu, dan Pengurus BPLP PGRI.Orasi yang beliau sampaikan berjudul “Pengembangan Kapasitas dan Kualitas Institusi dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN”. Beliau menjelaskan bahwa terdapat empat pilar utama dan limaprinsip inti dalam aktualitas implementasi MEA. Empat pilar itu adalah basis ekonomi dan pasar tunggal, wilayah kompetisi ekonomi, pertumbuhan ekonomi secara berkeadilan, dan integrasi ASEAN kedalam ekonomi global. Sedangkan kelima prinsip MEA yaitu bebas arus barang, bebas arus jasa, bebas arus investasi, bebas arus modal, dan bebas arus tenaga ahli. Pada akhirorasi, beliau menjelaskan bahwa perguruan tinggi modern adalah penyemangat dan bagian penting dari masyararakat.

Selain orasi ilmiah sebagai inti kegiatan, pada kesempatan itu diumumkan pula para peraih beasiswa PPLP PT PGRI, pemenang lomba 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin), dan Lomba LKTI-M tingkat Nasional. Adapun beasiswa tersebut diberikan kepada mahasiswa IKIP PGRI MAIDUN yang berprestasi. Sedangkan perlombaan yang diumumkan pemenangnya adalah lomba 5R (ringkas, rapi, resik, rawat, rajin) yang telah diadakan pada Kamis, 4 Juni 2015. Lomba ini diadakan untuk dua kategori yaitu untuk kategori program studi dan fakultas dan kategori unit atau biro. Dalam kategori program studi dan fakultas, juara pertama dimenangkan oleh Prodi PPKN, juara kedua diraih oleh Prodi Matematika dan juara ketiga diraih oleh Fakultas FMIPA. Sedangkan untuk kategori kedua yaitu untuk kategori unit atau biro, juara pertama diraih oleh Unit Perpustakaan, juara kedua diraiholeh Unit PPKB (Pusat Pengembangan Keterampilan Bahasa), dan juara ketiga diraih oleh BKHK (Biro Kerjasama Humas dan Kewirausahaan). Lomba LKTI-M Tingkat Nasional yang diumumkan pemenannya tersebut telah diselenggarakan pada Jum’at, 05 Juni 2015. Lomba LKTI-M kali ini telah berhasil membawa perwakilan dari Universitas Brawijaya sebagai juara pertama, Universitas Negeri Jember sebagai juara kedua, Universitas Negeri Yogyakarta sebagai juara ketiga, Universitas Negeri Semarang sebagai Juara Harapan 1, Universitas Pendidikan Ganesha sebagai Juara Harapan 2, dan Universitas Airlangga sebagai Juara Harapan 3, serta Universitas Negeri Makassar sebagai Juara Favorit. (Div. Humas-BKHK)