Peran Serta Tim Satgas Covid-19 UNIPMA dalam Pencegahan dan Mitigasi Covid-19 

Sabtu, 6 Februari 2021. Pandemi Covid-19 semakin hari bertambah. Protokol kesehatan semakin diperketat. Begitupun Protokol di kampus, untuk menjadi kampus sehat tentu ada tim satgas yang berupaya melakukan tugas dengan maksimal untuk memberlakukan SOP di kampus di masa pandemi seperti ini. Tugas utama Tim Satgas Covid-19 diantaranya mencegah tersebarnya virus covid terutama di lingkungan kampus dan keluarga, melakukan edukasi pembelajaran kepada dosen, karyawan, mahasiswa tentang wabah ini, melakukan penanganan jika ada keluarga kita yang terpapar. “Tim Satgas Covid-19  Universitas PGRI Madiun juga memberlakukan SOP dengan tertib, seperti ketika masuk kantor harus cek suhu badan, mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, itu semua harus ditaati,” Jelas Bapak Dr. Bambang Eko Hari Cahyono, M.Pd Ketua Satgas Covid-19 Universitas PGRI Madiun.

Tim Satgas Covid-19 Universitas PGRI Madiun selalu memantau setiap hari 24jam dalam mitigasi covid-19 ini. Kegiatan mahasiswa, kegiatan dosen tentunya tetap patuh pada aturan dalam Satgas Covid-19. Selain itu Tim Satgas Covid-19 Universitas PGRI Madiun selalu menerapkan aturan pemberlakuan PPKM , yang mana jam kerja dosen dan karyawan sesuai dengan peraturan yaitu 75% WFH da 25% WFO. Itu semua harus ditaati dan dijalankan. Mahasiswa pun dilarang untuk masuk kampus, dan Tim Satgas Covid-19 Universitas PGRI Madiun lebih memperketat lagi.

Pembelajaran selama ini dilakukan secara daring, kegiatan akademik, webinar, konsultasi dilakukan secara daring. Sama sekali tidak boleh luring. “Kecuali kegiatan praktikum boleh secara luring, dengan syarat mendapatkan ijin dari satgas dan kapasitas ruang harus dikontrol paling tidak sepertiga dari ruang”, tambah Bapak Dr. Bambang Eko Hari Cahyono, M.Pd Ketua Satgas Covid-19 Universitas PGRI Madiun. Tim Satgas Covid-19 Universitas PGRI Madiun juga selalu memantau ketersediaan masker, handsaitizer yang harus tercukupi. Ketua Satgas Covid-19 Universitas PGRI Madiun mengatakan selama ini berjalan dengan baik atas SOP yang sudah diberlakukan dan dipatuhi.