Apa kabar kuliah daring? Sharing tentang perkuliahan selama pandemic COVID-19. 

Penutupan kegiatan perkuliahan di sejumlah kampus di seluruh indonesia termasuk Universitas PGRI Madiun membuat Aktivitas perkuliahan yang biasanya diterapkan secara langsung, kini dilakukan dengan perkuliahan secara daring atau online. Kurang lebih 2 Bulan Perkuliahan daring ini dilaksanakan. Mungkin ada beberapa mahasiswa yang sampai saat ini masih dapat mengatasinya seperti kendala jaringan internet & kuota, tetapi tidak sedikit juga mahasiswa yang terkendala jaringan internet & kuota selama perkuliahan daring dilaksanakan. Hal ini lah yang membuat perkuliahan daring ini tidak maksimal.

Jum’at, 15 Mei 2020, Universitas PGRI Madiun mengadakan Siaran live di Social Media Instagram di akun @official_Universitas PGRI Madiun dipandu oleh Satria Setiawan (moderator) dan Edy Suprapto, S.Si., M.Pd. (Pemateri sekaligus dosen Universitas PGRI Madiun). Dalam pembahasan siaran live tersebut disebutkan antara lain keluh kesah kuliah online, kendala bagi mahasiswa skripsi ditengah pandemi, dan juga proses kegiatan Magang mahasiswa selama pandemi. Disampaikan Satria Satriawan, Keluh kesah kuliah online di tengah pandemi ini sangat kurang menguntungkan bagi beberapa mahasiswa yang memiliki kendala internet dan keterbatasannya pengetahuan tekonologi, Edy Suprapto menjelaskan bahwa untuk saat ini mahasiswa diharap bersabar dan beradaptasi sebaik mungkin, dan tentunya menjaga kesehatan mengikuti anjuran pemerintah dalam penanganan covid-19 ini.

“Saya mengerti kondisi kita saat ini seperti apa dan bagaimana di tengah pandemi ini, tetapi saya harap mahasiswa Universitas PGRI Madiun bersabar dan dapat beradaptasi sebaik mungkin di situasi pandemi saat ini. Tidak lupa juga untuk menjaga kesehatan, mengikuti anjuran pemerintah dalam penangan covid-19 ini,” tutur Edy Suprapto, S.Si., M.Pd.

Lalu pembahasan selanjutnya adalah kendala pengerjaan skripsi bagi mahasiswa semester akhir. Menurtu Edy Suprapto, S.Si., M.Pd. mengatakan bahwa memang sulit bagi mahasiswa semester akhir dalam mengerjakan skripsi mereka masing-masing, seperti observasi, mencari narasumber, mencari objek penelitian, dsb. Hal ini lah yang membebankan bagi para mahasiswa semester akhir. Beliau mengatakan bahwa bagi mereka yang mengerjakan skripsi disarankan sering berkonsultasi dengan Dosen pembimbing, karena hanya Dosen pembimbing lah yang saat ini dapat membimbing mahasiswa akhir di tengah pandemi ini.

“Untuk Mahasiswa semester akhir saya sarankan untuk sering berkonsultasi dengan Dosen pembimbing masing-masing, karena Dosen tersebut yang dapat membimbing kalian di tengah pandemi saat ini,” tuturnya.

Dalam siaran live tersebut, salah satu mahasiswa yang mengikuti siaran live di @official_Universitas PGRI Madiun menanyakan tentang kelanjutan kegiatan Magang bagi mahasiswa, khususnya kegiatan Magang 2.  Edy Suprapto, S.Si., M.Pd. menuturkan bahwa bagi mahasiswa yang melakukan kegiatan magang semester ini disarankan sering berkonsultasi dengan Guru pembimbing dan dosen pembimbing via daring, karena di situasi pandemi Covid-19 ini sangat tidak disarankan melakukan observasi secara langsung.

“Saya sarankan anda sering berkonsultasi dengan Guru pembimbing dan Dosen pembimbing via daring, karena di situasi saat ini sangat tidak disarankan melakukan observasi secara langsung,” jelas Edy Suprapto, S.Si., M.Pd.

Di bagian akhir siaran live baik Moderator Satria Setiawan dan Pemateri Edy Suprapto, S.Si., M.Pd. menuturkan bahwa mahasiswa diharap bersabar dan menyesuaikan diri di situasi pandemi Covid-19, Semoga Situasi tersebut semoga berlalu dan jangan lupa tetap jaga kesehatan agar tehindar dari penyakit manapun.