Universitas PGRI Madiun Optimalkan Media Pembelajaran Daring eLMA Selama Fase Social Distancing 

Sehubungan dengan adanya kebijakan social distancing dan self quarantine seperti yang dianjurkan pemerintah, pembelajaran tatap muka kini beralih menjadi pembelajaran dengan media daring untuk meminimalisir penyebaran virus covid-19. Universitas PGRI Madiun juga mengoptimalkan penggunaan media daring eLMA sebagai media pembelajaran mahasiswa.

eLMA atau e-learning Universitas PGRI Madiun merupakan media elektronik pembelajaran yang dikembangkan oleh Universitas PGRI Madiun melalui hibah PBMBTI dari belmawa kemenristekdikti. Program ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran dalam perkuliahan berbasis IT. Sehingga dengan menggunakan media eLMA, pembelajaran tidak perlu tatap muka di kelas namun dapat dilakukan secara online atau daring.

Andista Cahya Yusro, M.Pd, dosen program studi Pendidika Fisika yang menggunakan eLMA sebagai media pembelajarannya juga mengatakan bahwa pembelajaran melalui media eLMA sangat efektif ditengah kebijakan social distancing ini. Selain itu media dan model pembelajaran juga dapat dimodifikasi dengan Zoom, Google meet ataupun skype.

"Elma sudah tidak pada tahapan develop, tetapi sudah desiminasi, cikal bakal elma adalah hibah-hibah pembelajaran daring yang didapat oleh dosen-dosen di Universitas PGRI Madiun. Mahasiswa hanya perlu pembiayaan saja, mengikuti instruksi yang diberikan oleh bapak/ibu Dosen. Sembari kedepan Tim Elma melakukan sosialisai masal ke mahasiswa," ungkap Andista Candra Yusro, M.Pd