Mempersiapkan Masyarakat 5.0 Melalui Pembelajaran Fisika 

Disaat Indonesia dan banyak negara masih menyesuaikan diri dengan revolusi industri 4.0, Jepang sudah mengeluarkan inisiasi society 5.0.

Industri 4.0 dan society 5.0 merupakan momentum perubahan bagi negara berkembang, termasuk Indonesia. Bangsa Indonesia memiliki kesempatan untuk mengejar ketertinggalan dan menjadi negara maju. Dalam Seminar Nasional : Peran Pendidik Fisika Dalam Mempersiapkan Society 5.0, yang dilaksanakan di Laboratorium Terpadu Universitas PGRI Madiun, dengan pemateri Dr. Joko Siswanto, M.Pd., Dr. Viyanti, M.Pd., Dr. Winarti, M.Pd.Si., dan Farida Huriawati, M.Si., memberi wawasan kepada mahasiswa Pendidikan Fisika untuk mempersiapkan masyarakat 5.0 melalui pembelajaran fisika.

"Kita sebagai bagian dari dunia pendidikan pun harus ikut serta dan mengambil tindakan untuk menyiapakan society 5.0 atau masyarakat 5.0 melalui pembelajaran fisika. Jadi, seorang pendidik fisika tidak hanya mengajarkan tentang materi fisika tetapi juga keterampilan-keterampilan abad 21," tutur Joko Siswanto (31/07/2019).

Melalui pembelajaran fisika dan keterampilan abad 21 diharapkan dapat membekali peserta didik untuk lebih siap menjalani kehidupan society 5.0 dengan dukungan teknologi yang canggih. Selain itu, peserta didik juga diharapkan mampu menginisiasi pengembangan teknologi untuk kehidupan bermasyarakat.