Hadapi Revolusi Industri 4.0 dengan Berbagai Inovasi 

Mahasiswa Universitas PGRI Madiun sebagai salah satu tonggak perubahan zaman, siap melangkah di era revolusi industri 4.0. Adapun salah satu persiapan yang dilakukan adalah adanya seminar nasional dengan tema “MEncari Format Kegiatan Kemahasiswaan di Era Revolusi Industri 4.0”. Acara yang bertempat di Graha Cendekia UNIMA Tersebut diadakan pada tanggal 18 Januari 2018 dan ddikuti oleh 400 mahasiswa.

            Sebagai pembicara adalah Dr. Didin Wahidin, Mpd. Beliau adalah Direktur Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pembelajaran Dan Kemahasiswaan, Kemenristek Dikti. Meteri utama yang disampaikan sebagai bekal mahasiswa adalah pentingnya kampus untuk menyiapkan lulusan yang berdaya saing sesuai Revolusi Industri 4.0. Kampus dianggap sebagai wadah untuk mendidik lulusan-lulusan terbaik untuk suskses dalan Revolusi Industri 4.0. Selanjutnya, kampus pun harus menjadi pusat engembangan bidang kemahasiswaan ke arah digitalisasi dan ekonomi kreatif yang sarat inovasi.  Inovasi-inovasi tersebut yang kemudian diimbangi dengan peningkatan kualitas SDM bernilai budaya dan berkarakter bangsa. Terakhir, yang disampaikan adalah bagaiman kegiatan orgamawa dapat menjadi sarana mengasah softskill sesuai dgn tantangan Revolusi Industri 4.0.

            Menurut Linda Yuhana, M.P.d. “Kegiatan ini memiliki tiga manfaat penting manfaat penting pertama  memberikan motivasi pengembangan kemahasiwaan di era Revolusi Industri 4.0. Kedua memicu semangat berkreasi, inovasi mahasiswa dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0. Terakhir Memberikan informasi terbaru program2 belmawa Dikti.”