Delapan Kali Memperoleh Penghargaaan “Perguruan Tinggi Unggulan” dan Predikat Baru Sebagai “Perguruan Tinggi Utama” Menjadikan IKIP PGRI MADIUN Layak untuk Diandalkan 

Piagam penghargaan Perguruan Tinggi Unggulan dan Predikat Perguruan Tinggi Utama
Kopertis Wilayah VII Jawa Timur

 

IKIP PGRI MADIUN sebagai salah satu perguruan tinggi swasta unggul sesuai dengan slogannya “Smart and Honourable” kembali mendapatkan prestasi yang membanggakan. Rabu, 20 Mei 2015 bertempat di hotel J.W. Marriot Surabaya, IKIP PGRI MADIUN mendapat dua penghargaan sekaligus, yaitu sebagai Perguruan Tinggi Unggulan (Kelompok Institut) dan predikat sebagai Perguruan Tinggi Utama.

Prestasi sebagai Perguruan Tinggi Unggulan untuk kelompok institusi merupakan penghargaan kedelapan yang diterima oleh IKIP PGRI MADIUN. Penghargaan ini diterima pertama kalinya pada tahun 2008 berturut-turut setiap tahun hingga tahun 2015. Adapun upaya yang dilakukan IKIP PGRI MADIUN untuk mempertahankan penghargaan tersebut adalah meningkatkan kualitas tata kelola kelembagaan dan kerjasama, penelitian dan pengabdian masyarakat, serta kemahasiswaan.

Sedangkan Predikat Perguruan Tinggi Utama merupakan predikat baru yang diterima IKIP PGRI MADIUN dari Kopertis Wilayah VII Jawa Timur di tahun 2015.  Predikat Perguruan Tinggi merupakan predikat dengan kriteria empat bidang penilaian yaitu, tata kelola kelembagaan dan kerjasama, pendidik dan tenaga kependidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta pembelajaran dan kemahasiswaan. Kategori Predikat Perguruan Tinggi ada tiga yaitu, perguruan tinggi pratama, perguruan tinggi madya, dan predikat tertinggi adalah perguruan tinggi utama. Penghargaan Perguruan Tinggi Utama diberikan hanya kepada 14 PTS  dari 325 PTS di Jawa Timur. IKIP PGRI MADIUN menjadi salah satu dari ke-14 PTS tersebut sekaligus menjadi satu-satunya PTS penerima predikat Perguruan Tinggi Utama di luar wilayah Surabaya dan Malang.

Kedua penghargaan tersebut menjadikan IKIP PGRI MADIUN lebih utama dan unggul. Hal ini sesuai dengan yang disampaikan oleh Rektor IKIP PGRI MADIUN, Dr. H. Parji, M.Pd, “IKIP PGRI MADIUN dengan dua penghargaan sebagai Perguruan Tinggi Unggulan dan Perguruan Tinggi berpredikat Utama semakin menjadi perguruan tinggi yang bermartabat. Hal tersebut memenuhi harapan publik yaitu sebagai perguruan tinggi yang memang layak untuk diandalkan. Selain itu, diharapkan dengan diterimanya dua penghargaan ini, IKIP PGRI MADIUN mendapatkan apresiasi dalam bentuk yang lain apakah itu pemberian beasiswa untuk alokasi BBM, PPA, BIDIK MISI ataupun di bidang hibah. Posisi kita yang sudah mencapai predikat perguruan tinggi utama juga diharapkan berpengaruh pada bidang riset, kita bisa naik dari tingkat binaan ke tingkat madya sehingga semua aspek tri dharma perguruan tinggi bisa saling bersinergi”.