Satu Langkah Taklukkan Beasiswa melalui Seminar Beasiswa Luar Negeri 

Biro Kerjasama dan Humas (BKH) Universitas PGRI Madiun (Universitas PGRI Madiun) menggelar seminar beasiswa luar negeri di Graha Cendekia, Jumat, 4 Mei 2018. Dengan tema “Tips dan Trik untuk Meraih Beasiswa Amerika-Australia”, seminar ini menghadirkan tiga pembicara penerima beasiswa luar negeri. Pembicara tersebut adalah Javas Afrizal Pratama dari IDP Indonesia, Agita Risma Nurhikmawati dari Alumni Program Fullbright FLTA-Badan Bahasa yang mengajar bahasa Indonesia di Columbia University dan juga merupakan dosen Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Universitas PGRI Madiun, dan Hira Maryana alumni PBI Universitas PGRI Madiun sebagai kandidat FLTA-Badan Bahasa yang akan berangkat tahun 2018.

Acara yang diikuti oleh 271 peserta ini dibuka dengan sambutan ketua BKH, Sigit Ricahyono. Dalam sambutannya beliau menjelaskan bahwa Universitas PGRI Madiun tengah menggencarkan program internasionalisasi kampus. Program terdekat adalah magang mengajar (SEA Teacher) yang diperuntukkan untuk mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, dan magang industri (SEA TVET) yang dikhususkan untuk Fakultas Ekonomi dan Bisnis serta Fakultas Teknik. Untuk mempersiapkannya, mahasiswa perlu mengetahui tentang tips dan trik agar dapat meraih kesuksesan diri di dunia internasional, terutama dalam bidang pendidikan.

Tips dan trik yang diberikan oleh ketiga pembicara menekankan pada persiapan diri. Beasiswa tidak bisa diraih secara mudah dan memang memerlukan niat yang besar serta kegigihan. Persiapan yang matang mulai dari administrasi, emosi, dan pengalaman akan sangat membantu dalam meraih beasiswa tersebut.